Tampil di Stadion Manahan Solo, Sepak Rago Tinggi Kopah Kuansing Masuk 10 Besar Nasional

Sepak-Rago-Tinggi-Kuansing.jpg
(Tangkapan Layar/Istimewa)


RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Permainan Sepak Rago Tinggi dari Kenegerian Kopah, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, masuk 10 besar nasional pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (FORTINA) XII yang digelar di Stadion Manahan, Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, berakhir Minggu, 28 Agustus 2022.

Permainan Sepak Rago Tinggi dari kenegerian Kopah ini mewakili Provinsi Riau pada Festival Olahraga Tradisional Tingkat Nasional yang digelar di Stadion Manahan, Kota Solo.

"Alhamdulillah kita masuk 10 besar berada di peringkat ke 8 tingkat Nasional," ujar Riokasyter yang ikut dalam rombongan dan ikut tampil di stadion Manahan, Kota Solo menampilkan permainan Sepak Rago Tinggi kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 29 Agustus 2022.

Rio mengatakan, ada 19 penampilan permainan tradisional dari 19 Provinsi di Indonesia. Sepak Rago Tinggi sendiri tampil pada urutan kedua setelah Provinsi Jawa Tengah yang menampilkan Enggrang Bathok.

Kemudian ada permainan Merebut Benteng dari Maluku Utara, permainan Gala Jamban dari DKI Jakarta. Selanjutnya Kalimantan Timur menampilkan Monsitolong. Provinsi berikutnya Sulawesi Selatan menampilkan Silaga Awok. Lalu, Bengkulu menampilkan Patumbu, Kalimantan Tengah menampilkan Sepak Rawut. Provinsi Jambi menampilkan Beselang Menanjak Padi, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kabupaten Bantul menampilkan Hak Ula Banyu.

 


 

Provinsi Jawa Barat menampilkan Roda Toroktok. Sedangkan Sumatra Barat menampilkan Sipak Tekong. Sulawesi Selatan menampilkan Ma Do De. Lalu, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat menampilkan Sapton. Kabupaten Tanah Datar menampilkan Lintau Basilek, Bali menampilkan Deduplak, Tanjung Balai Sumatera Utara menampilkan Batu Dampar, dan Sleman DIY menampilkan Koko Koko.

"Kami sangat bersyukur dengan perolehan prestasi ini, karena kami melihat peserta daerah lain itu tampil sangat bagus," ujar Rio.

Dan untuk permainan sepak rago tinggi juga tampil secara utuh karena dipermainan sepak rago tinggi ini ada kesulitan terutama bagaimana bola rago tinggi tidak sampai jatuh ketanah dan bola rago bisa masuk kedalam payung sebagai target dari permainan sepak rago tinggi.

"Alhamdulilah itu bisa ditampilkan dihadapan seluruh dewan juri," kata Rio.

Rio juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, terutama masyarakat Kuansing dan ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuansing.