Nelayan Temukan Raffa Tewas Mengapung di Sungai Batang Kuantan

Evakuasi-bocah-tenggelam-di-kuansing.jpg
(Istimewa)


RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Setelah menghabiskan waktu sekitar empat hari pencarian, akhirnya bocah yang masih duduk dibangku SD bernama Raffa, 9 tahun, warga Desa Talontam Benai, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, ditemukan sudah meninggal dunia, Rabu, 17 Agustus 2022.

Jasad Raffa ditemukan mengapung di Sungai Batang Kuantan, tepatnya di Desa Tanjung, Kecamatan Benai atau berjarak 3 kilometer dari tempat korban tenggelam. Orang pertama yang menemukan Raffa adalah Armis, seorang nelayan yang merupakan warga setempat saat mancari ikan di Sungai Batang, Kuantan.

Jasad Raffa ditemukan sekira pukul 06.00 WIB pagi tadi. Armis yang sudah sejak subuh pergi mencari ikan di Sungai Kuantan dikejutkan dengan penampakan sesosok mayat di tepi Sungai Batang Kuantan. Lalu Armis langsung mengabarkan kepada warga setempat.

Mendapatkan kabar tersebut lalu Kepala Desa Tanjung langsung memberitahukan kepada Kepala Desa Talontam, dan selanjutnya mayat korban langsung di jemput oleh Tim Basarnas Propinsi Riau dengan menggunakan Perahu Karet.

Kemudian korban langsung di evakuasi ke tebing desa Banjar Benai dan selanjutnya di bawa kerumah duka yang berada di RT. 02 RW. 01 Dusun Pelayangan, Desa Talontam Kecamatan Benai.


"Tadi selesai di sholatkan dirumahnya, almarhum langsung dikebumikan di TPU Kenegerian Benai Suku Pilian Soni Jurai Qodi di desa Koto Benai," kata Camat Benai, Okstaria Dwi Gustin melalui keteranganya, Rabu, 17 Agustus 2022 siang.

Korban sendiri telah hilang sejak Minggu, 14 Agustus 2022 lalu sekira pukul 15.30 WIB. Raffa diduga tenggelam terbawa arus sungai kuantan di desa Banjar Benai, Kecamatan Benai.

Raffa terbawa arus sungai kuantan ketika ingin menyelamatkan uangnya yang terjatuh terbawa arus sungai. Meskipun sempat dilarang temannya untuk mengambil, Raffa tetap nekat loncat mengejar uang yang hanyut tersebut.

Naas, korban ternyata tidak bisa berenang dan langsung tenggelam. Temannya sempat memberikan pertolongan dengan mengulurkan seutas tali, namun korban terus terbawa arus dan hanyut.

Pencarian pun dilakukan oleh masyarakat, pihak kepolisian dan TNI serta BPBD Kabupaten Kuansing. Tim SAR ikut turun melakukan pencaharian, dan pada Rabu, 17 Agustus 2022 pagi jasad Raffa baru diketemukan sudah mengapung di tepi Sungai Kuantan.