Polres Kuansing Beri Pendampingan Tim Vaksinator Vaksin 364 Ekor Ternak Sapi

Vaksinasi-PMK.jpg
(Istimewa)


RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kepolisian Resort (Polres) Kuansing memberikan pendampingan terhadap vaksinator yang melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak sebagai antisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi ternak yang ada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Sedikitnya ada 8 petugas diberikan pendampingan oleh Polres Kuansing melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak. Vaksinasi ini digelar di dua desa yakni Desa Geringing Baru, Kecamatan Sentajo Raya dan Desa Sumber Datar Kecamatan Singingi, Senin, 1 Agustus 2022.

"Pelaksanaan giat vaksinasi ini untuk mengantisipasi PMK di Kuansing," ujar Kapolres Kuansing, AKBP Rendra Oktha Dinata, melalui Kasubbag Humas Polres Kuansing, AKP Tapip Usman dalam keterangannya, Senin, 1 Agustus 2022 lalu.

Kegiatan vaksinasi ini sasarannya langsung ke kandang ternak milik masyarakat. Di desa Geringging Baru ada 193 ekor dan di desa Sumber Datar ada 171 ekor yang diberikan vaksin PMK.

 


 

"Tujuan dilakukan vaksinasi terhadap hewan ternak ini guna menjaga hewan ternak milik masyarakat tetap sehat dan terhindar dari wabah PMK," kata Kapolres.

Kapolres mengimbau kepada pemilik ternak di Kuansing untuk selalu mengontrol ternaknya dan apabila ditemukan ada gejala PMK agar segera melaporkan kasus tersebut ke petugas Dinas peternakan dan perkebunan Kuansing atau bisa ke Babhinkamtibmas yang ada didesanya.

Selama giat berlangsung tidak ditemukan adanya hewan ternak yang mengalami PMK. Vaksin ini penting agar hewan ternak bisa terhindar dari PMK.