Pemkab Kuansing Tiadakan Pacu Jalur di 2 Rayon, Ini Alasannya!

Pacu-Jalur5.jpg
(Via Media center.riau.go.id)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN-Pemerintah Kabupaten Kuansing, Provinsi Riau resmi mengeluarkan jadwal pelaksanaan event pacu jalur di Tahun 2022. Pacu jalur sekarang berganti nama menjadi event kebudayaan.


Sesuai jadwalnya, pelaksanaan pacu jalur dimulai dari pacu jalur mini di Tepian Telaga Dapur Umum Desa Sukaraja, Kecamatan Logas Tanah Darat. Pacu jalur mini ini telah dimulai sejak Jumat, 3 Juni 2022 kemarin dan akan berakhir pada hari Minggu, 5 Juni 2022.

Pacu jalur mini ini mendapatkan anggaran sebesar Rp 75 juta dari pemerintah daerah. Anggaran tersebut bersumber dari APBD Kuansing tahun 2022.

 

Kemudian untuk pacu jalur tingkat rayon dimulai 4-5-6 Agustus 2022 digelar di Tepian H Saidina Ali Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik. Kemudian dilanjutkan 14-15-16 Agustus 2022 di Tepian Lubuak Sobae Baserah, Kecamatan Kuantan Hilir.

Masing-masing kecamatan pelaksana ini nantinya juga akan mendapatkan anggaran sebesar Rp 75 juta mulai untuk pelaksanaan hingga untuk hadiah. Besaran anggarannya sama dengan pelaksanaan pacu jalur mini di Sukaraja, Kecamatan LTD.

Untuk pacu jalur event Nasional di gelar selama empat hari mulai 21-22-23-24 Agustus 2022 di Tepian Narosa Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah.

Anggaran untuk pelaksanaan dan untuk hadiah pada pacu jalur di Tepian Narosa Teluk Kuantan ini dianggarkan lebih kurang Rp 500 juta oleh Pemkab Kuansing. 

 

Anggaran tersebut jauh menurun bila dibandingkan anggaran pelaksanaan pacu jalur dua tahun terakhir. Dua tahun lalu pacu jalur dianggarkan lebih kurang Rp 1 miliar. 

Dimana Pemkab Kuansing sudah dua tahun ini tidak melaksanakan kegiatan pacu jalur akibat kondisi pandemi Covid-19. Pacu jalur kembali akan dilaksanakan pada tahun 2022 ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing, Azhar mengaku tidak semua pacu jalur dapat dilaksanakan. Hal ini menurutnya terkait masalah anggaran.

"Masalah anggaran tidak semua kita laksanakan," ujar Azhar dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Sabtu, 4 Juni 2022.

 

Anggaran untuk pelaksanaan pacu jalur tahun ini juga jauh berkurang. "Kalau dua tahun lalu itu lebih kurang Rp 1 miliar, kalau sekarang lebih kurang Rp 500 juta," katanya.   

Pacu jalur yang dianggarkan melalui APBD Kuansing hanya ada empat event saja. Dan pacu jalur mini di Tepian Narosa tetap akan dilaksanakan nantinya meskipun tidak ada jadwal yang diumumkan. 


 

 

Rayon yang tidak dianggarkan Pemkab Kuansing untuk menggelar pacu jalur di antaranya Rayon IV meliputi Kuantan Tengah dan Sentajo Raya. Kemudian Rayon I meliputi, Inuman, Kuantan Hilir Seberang, dan Cerenti. 

 

Pelaksanaan pacu jalur tahun 2022 ini yang dianggarkan hanya untuk Rayon II mulai Kuantan Hilir, Pangean, Logas Tanah Darat, dan Benai. Pelaksanaannya akan digelar di Kecamatan Kuantan Hilir.

 

Kemudian Rayon III meliputi kecamatan Hulu Kuantan, Kuantan Mudik dan Gunung Toar. Pelaksanaannya akan digelar di Kecamatan Kuantan Mudik tahun ini. KIni pacun jalur rayon sudah berganti nama menjadi event kebudayaan tidak ada lagi rayon.