Potensi Patin di Desa Koto Mesjid Jadi Daya Tarik Wisata

yamin.jpg
(Harisep/ Riauonline)

Laporan: HARISEP ARNO PUTRA

 

RIAU ONLINE, KAMPAR - Spesialis Pratama Dukungan Bisnis SKK Migas Sumbagut Yamin Kholison, Sebut Desa Koto Mesjid Memiliki Daya Tarik Wisata Tersendiri. 

 

SKK Migas melakukan Kunjungan sekaligus Monitoring Kegiatan Pendampingan Desa Wisata Di Kampung Patin Desa Koto Mesjid Dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Riau dan PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) Indonesia, Jum'at (02-03-2021).

 

Yamin Kholison Berharap, Program untuk membuat perencanaan secara berkelanjutan. Masyarakat di sekitar area lokasi wisata hendaknaya mampu memanfaatkan potensi yang ada, sehingga diharapkan pertumbuhan ekonomi melalui UMKM dapat menopang kegiatan-kegiatan sektor pariwisata yang ada.


 

Wisatawan datang ke masyarakatnya sudah siap disambut berbagai macam makanan khas kuliner, yang dibuat dan diolah oleh masyarakat sendiri.

 

"Potensi besarnya ikan patin karena patin itu baik. yang sifatnya mentah diolah di asap. dan ketika masyarakat lain datang itu harapannya mereka sudah terpenuhi, secara langsung berinteraksi dengan masyarakat, dari industri itu melalui program perusahaan Corporate Social Responsibility (CSR) guna ingin memastikan kolaborasi antara pemerintah daerah industri dan juga perguruan tinggi serta dukungan dari modal sosial masyarakatnya itu bisa menopang kerja kerja sama, sehingga terus berkelanjutan dan bisa menambah income masyarakat secara damai."

 

"industri terlibat sudah nyata terlihat bahwa ada upaya-upaya yang sistematis untuk memastikan bahwa pariwisata di sini betul-betul dapat menjadi pilar sektor ekonomi. alternatif di wilayah Kampar terbukti dengan berhasilnya Desa ini melalui binaan Sekolah tinggi pariwisata,  dimana berhasil meraih juara pertama ya artinya dari sisi para pihak itu berkomitmen dan menyiapkan diri untuk terus mempertahankan itu. sehingga harapannya kalau seandainya kalau kita lihat dari apa yang sudah kita saksikan dan ini tampaknya ada optimisme bahwa Desa ini kedepan akan menjadi salah satu daya tarik wisata," Kata Yamin Kholison.