Airlangga Diminta Relakan RK Jadi Cawapres Ganjar bila Tidak Dipilih Prabowo

Airlangga-Hartarto11.jpg
(Suara.com/Alfian Winanto)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Melchias Marcus Mekeng mewanti-wanti Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto agar realistis jika tidak dipinang menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto dalam Koalisi Indonesia Maju.

Melchias menyaranan Airlangga mendorong kader Golkar lainnya yakni Ridwan Kamil menjadi bacawapres dari bacapres lain yaitu Ganjar Pranowo.

"Airlangga harus rasional kalau nggak diambil sama Prabowo, lebih baik dukung RK sama Ganjar agar Golkar tetap dapat porsi di pemerintahan yang akan datang" kata Mekeng kepada wartawan, Kamis (14/9/2023).

Menurutnya, disayangkan jika Golkar dalam Koalisi Indonesia Maju tidak mendapatkan kursi cawapres. Pasalnya, kata dia, Golkar tak harus kembali ke 2014 dimana dalam mendukung Prabowo tak mendapatkan apa-apa.

"Maksdunya kalau nggak dikasih cawapres, masa Golkar jadi pendukung Prabowo melulu dari 2014 udah dukung, kalah terus sekarang suruh dukung lagi," tuturnya.

Ia mengatakan, jika partai memiliki kader potensial untuk didorong maju di Pilpres, maka hal tersebut harus dimajukan. Terlebih juga Golkar sebagai partai memiliki mesin politik yang kuat.

"Jadi nggak kosong-kosong, Golkar ini kan mesin besar, harus realistis," ujarnya.


Untuk itu, kata dia, Airlangga sebagai ketua umum partai harus realistis memikirkan opsi lain, jika Golkar tak mendapatkan apa-apa dalam koalisi.

"Jadi Airlangga pun harus realistis kalau dia nggak diterima oleh Gerindra, oleh koalisinya ya harus berpikir realistis untuk partai bukan untuk dia pribadi," pungkasnya.

Pertemuan Prabowo-RK

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunggah foto kebersamaan antara dirinya dengan Ridwan Kamil. Foto tersebut diunggah akun Instagram @prabowo pada Kamis (14/9/2023) dini hari.

Ada lima foto yang diunggah Prabowo. Foto-foto tersebut menunjukan kebersamaan dirinya dengan mantan gubernur Jawa Barat saat hendak menyantap sejumlah hidangan.

Selain itu, terlihat pula momen Prabowo yang berbincang empat mata di satu meja dengan pria yang akrab disapa Kang Emil itu.

Prabowo turut mengunggah foto makanan khas Jawa Barat, yakni cilok atau aci dicolok. Bahkan, hidangan cilok tersebut ditulis Prabowo melalui keterangan foto yang ia unggah.

"Tuang sareng Kang Emil, hatur nuhun kanggo oleh-oleh cilokna. Raos pisan," tulis Prabowo, Kamis (14/9/2023).

Sementara itu pada foto terakhir, tampak Kang Emil yang telah berada di dalam mobil berpamitan dengan Prabowo.

Diketahui, nama Ridwan Kamil santer dikabarkan menjadi salah satu kandidat bakal cawapres untuk Ganjar Pranowo. Bahkan, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengklaim Ridwan Kamil sempat ditawari sebagai bakal cawapres Ganjar saat bertemu Megawati.

Doli mengatakan Ridwan Kami--yang kini Waketum Golkar--dianggap sebagai sosok yang bisa memperkuat Ganjar di Jawa Barat. Kata dia, RK pun telah menyampaikan hal itu kepada Ketua Umum Airlangga Hartarto dikutip dari suara.com

"Waktu itu disampaikan bahwa Pak RK diundang oleh Bu Megawati kemudian ditawarkan jadi wakil presiden," kata Doli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (13/9/2023).