Rahasia Awet Muda Warga Korsel yang Angka Harapan Hidupnya hingga 90 Tahun

Suga-BTS.jpg
(Instagram@agustd)

RIAU ONLINE, SEOUL-Korea Selatan jadi salah satu negara Asia memiliki tingkat harapan hidup yang panjang karena gaya hidup sehat. Cara hidup ini bisa loh ditiru masyarakat Indonesia, memang apa saja sih?

Ini terbukti berdasarkan penelitian yang diterbitkan di The Lancet, diperkirakan 2030 rerata harapan hidup di negara tersebut bakal melebihi 90 tahun untuk perempuan dan 84 tahun untuk lelaki.

Berikut ini 4 gaya hidup sehat warga Korea Selatan agar panjang umur, berdasarkan rilis Coway yang diterima suara.com, Jumat (16/6/2023).

1. Konsumsi Protein dan Minum Air Putih

Korea Selatan memiliki kekayaan kuliner yang tidak hanya bergizi tinggi, namun juga kaya rasa. Kepopulerannya kini juga mendunia berkat K-drama dan konten kuliner viral di media sosial.

Blog Easy Korean Food menjelaskan, kunci utama keunggulan makanan korea ada pada keragaman sayur yang dapat memenuhi kebutuhan makronutrien dan mikronutrien tubuh, seperti lauk hingga hidangan khususnya pada musim semi akan diidominasi sayur segar maupun yang difermentasi seperti kubis, tauge, dan bayam.


Ada juga tambahan bawang putih, jahe, dan rempah-rempah bermanfaat lainnya dalam jumlah banyak membuat masakan Korea sangat sehat, yang juga diimbangi dengan asupan air minum yang cukup dan berkualitas.



2. Terbiasa Pakai Masker

Meski gaya hidupnya sehat, tapi udara di Korea Selatan kerap terbawa dari padang pasir Tiongkok dan Mongolia. Udara ini mengandung partikel berbahaya seperti belerang, karbon monoksida, logam berat, dan bahan karsinogenik lainnya bersama dengan virus, bakteri, dan jamur.

Hasilnya kondisi ini mendorong kebiasaan masyarakat Korea Selatan untuk rajin memakai masker ketika berpergian.

3. Pakai Air Purifier

Air Purifier atau alat pemurni udara juga telah jadi kebiasaan sehari-hari masyarakat Korea Selatan. Berdasarkan riset dari Expert Market Research, pembersih udara memiliki kemampuan dalam menyegarkan udara pengap, menghilangkan polutan dalam ruangan, menghilangkan kontaminan udara, memperbaiki kualitas tidur, hingga membantu meningkatkan harapan hidup.


Manfaat ini akhirnya membuat popularitas air purifier di Korea Selatan meningkat terus menerus. Bahkan kebiasaan belanja air purifier juga sudah terbentuk di Negeri Ginseng tersebut.

4. Akses Kesehatan Memadai

Menurut James Bennett, periset departemen epidemiologi dan biostatistik di Imperial College London, meroketnya perekonomian Korea Selatan sangat dipengaruhi kesehatan masyarakatnya.

Penurunan angka kematian bayi dan tingkat kematian kardiovaskular mempengaruhi angka harapan hidup di Korea Selatan. Ditambah, terdapat peningkatan dalam pemenuhan nutrisi dan pemanfaatan teknologi berbasis medis.

Negara yang terkenal dengan drama, K-Pop dan makananya ini memiliki jangkauan kesehatan yang luas dan merata bagi seluruh warga. Di tingkat daerah, pemerintah mengelola pusat kesehatan dan fasilitas medis lainnya sesuai dengan kebutuhan.

Setiap kota memiliki satu puskesmas yang menawarkan pelayanan kesehatan masyarakat dasar seperti pemeriksaan kesehatan, vaksinasi, perawatan ibu dan janin, serta perawatan medis dasar. Selain itu, puskesmas pembantu dapat didirikan jika diperlukan layanan tambahan dikutip dari suara.com