Panglima TNI Sebut TPNPB-OPM Bawa Ibu-ibu dan Anak-anak saat Serang TNI

OPM-Papua.jpg
(Suara.com)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) ternyata menggunakan cara licik saat menyerang 36 prajurit yang tengah mencari pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens di Nduga, Papua.

Tentara OPM  sengaja membawa ibu-ibu dan anak-anak saat melakukan penyerangan tersebut. Hal itu diungkap Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Yudo menceritakan bahwa awalnya 36 prajurit itu tengah bertugas karena mendapatkan informasi soal lokasi Philip yang menjadi sandera TPNPB-OPM. Saat melancarkan operasi, kehadiran puluhan prajurit TNI diketahui oleh TPNPB-OPM yang berujung pada kontak tembak.

"Di perjalanannya dihadang dan kontak tembak KST (KKB Papua) yang dalam kontak tembak tersebut mereka memanfaatkan masyarakat dan anak-anak untuk menyerbu. Dari tembakan, dari masyarakat khususnya ibu-ibu dan anak-anak untuk menyerbu dengan pasukan kita," kata Yudo melalui konferensi pers yang disiarkan YouTube Puspen TNI, dikutip Kamis (20/4/2023).


Dari 36 orang, satu prajurit gugur dan 4 orang hilang. Kemudian 4 di antaranya terluka dan 27 lainnya dalam kondisi sehat.

Prajurit yang gugur yakni Pratu Miftahul Arifin ditemukan tewas dalam jurang dengan kedalaman 15 meter. Kemudian, 4 prajurit TNI yang sempat dinyatakan hilang akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas.

"Tim Gabungan TNI Polri berhasil menemukan 4 Prajurit TNI termasuk di dalamnya Pratu Miftahul Arifin yang dalam proses pencarian dengan kondisi meninggal dunia," kata Kapendam XVII/Cendrawasih Kolonel Kav Herman Taryaman melalui keterangan tertulisnya, Rabu (19/4/2023).


Herman mengungkapkan bahwa keempat prajurit yang gugur tersebut sudah dievakuasi ke RSUD Timika Kabupaten Mimika Papua dikutip dari suara.com