Aki Soak, Pemilik Hyundai Ioniq 5 Mengeluh Harus Bolak Balik Bengkel

Hyundai-Ioniq-5.jpg
(Dok Hyundai Motors Indonesia)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Pemilik Hyundai Ioniq 5 mengeluh mobil listrik miliknya tidak bisa dihidupkan kembali jika sudah diam dalam beberapa jam.

Pemilik menceritakan bila Hyundai Ioniq 5 miliknya habis digunakan ke luar kota selama tiga hari. Namun tiba-tiba aki lemah dan mobil sulit dihidupkan.

“Ceritanya ini mobil (Ioniq 5) sudah 3 kali masuk bengkel. Permasalahannya sama, mobil kondisi mati lebih dari 8 jam pasti akinya soak.,” tulis akun Tiktok @abdullahzaenudin, dikutip Selasa (11/4/2023).

Saat pertama kali dibawa ke bengkel, pemilik menyatakan mendapat pelayanan yang kurang baik. Pihak bengkel menyalahkan customer karena cara pemakaian yang dinilai kurang baik. Walaupun akhirnya mendapat penggantian aki baru secara gratis.

Namun demikian, mobil rupanya mengalami permasalahan yang sama sampai harus kembali lagi ke bengkel.

Di bengkel kedua, mobil harus menginap selama satu minggu karena diduga ada kelistrikan yang bocor. Setelah bisa hidup kembali, memasuki hari ketiga mobil digunakan permasalahan yang sama kembali muncul.



“20 Februari 2023 mobilnya dibawa lagi ke bengkel resmi lain yang katanya pernah menerima kasus serupa, nginep lagi,” keluhnya.


Dalam unggahannya, pemilk juga menjabarkan isi percakapannya dengan seorang teknisi yang menangani mobil listrik miliknya tersebut. Teknisi mengatakan bila sejauh ini belum bisa memastikan kerusakan yanng terjadi.

Setelah melakukan sejumlah pergantian part, teknisi itu memberikan kabar bahwa setelah penggantian part ternyata kondisinya tetap seperti semula. Namun tidak dijelaskan part yang dimaksud.

Mobil akhirnya di bawa ke pabrik Cikarang untuk pengecekan lebih lanjut, meskipun pemilik sempat meminta untuk pergantian unit.

“Rabu 5 April infonya sudah selesai balik dari pabrik Cikarang sudah beres. Kamisnya (6 April) diambil di bengkel, karena Senin mau dipakai kegiatan mobilnya. Sabtu 8 April 2023 di cek ternyata sudah enggak mau lagi aja ini mobil (starter),” tulisnya.

Pada akhir video mobil listrik tersebut bisa digunakan kembali, namun dengan catatan harus dijumper menggunakan aki motor dikutip dari suara.com


Sebagai informasi, mobil listrik Hyundai Ioniq 5 saat ini dibanderol dengan harga Rp748 juta sampai Rp859 juta. Namun pemerintah telah memberikan insentif pajak kendaraan listrik sebesar 10% Harga Hyundai Ioniq 5 ditafsir berada diharga Rp680 juta sampai Rp773,1 juta.