Kapolda Riau Perintahkan Jajaran Sikat Preman Pungli di Perbatasan Riau-Sumbar

Irjen-Mohammad-Iqbal65.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal dengan tegas mengatakan akan memberantas preman-preman melakukan pungutan liar (Pungli) di Perbatasan Riau - Sumbar. 

 

Biasanya, pungli di wilayah perbatasan Sumbar - Riau marak terjadi menjelang mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. 

 

"Saya perintahkan tangkap dan tindak tegas pelaku pungli di perbatasan," tegas Irjen Iqbal kepada RIAUONLNE.CO.ID, Kamis, 20 April 2023.

 

Lebih lanjut, mantan Kapolda NTB dan Kadivhumas Mabes Polri ini ingin masyarakat mendapatkan kenyamanan jelang mudik ke kampung halaman. 

 

"Kita ingin memberikan kenyamanan kepada masyarakat saat balik kampung. Jika ada pungli atau oknum melakukan, akan ditindak tegas," pungkasnya. 

 

Diketahui, sejumlah pengendara masih khawatir dengan perjalanan mudik mereka di daerah perbatasan Riau - Sumatera Barat. 

 

Bagaimana tidak, di daerah perbatasan Riau - Sumatera Barat banyak dari pemuda setempat (oknum) yang melakukan pungutan liar (Pungli) kepada pengendara yang melintasi jalan tersebut dan merasa risih dengan keberadaan mereka. 


 

Seperti yang dialami Ryan, saat melintasi jalan perbatasan Riau - Sumatera Barat, Ia mengaku sering diminta uang oleh pemuda setempat. 

 

"Setiap lewat perbatasan Riau - Sumbar pasti ada pemuda setempat yang minta-minta uang dengan alasan ada kayu roboh atau ada longsor," ujar Riyan. 

 

 

 

 

 

Meski begitu, Ryan menganggap perbuatan tersebut merupakan perbuatan pungli dan sangat meresahkan pengendara. 

 

"Karena tidak hanya satu, beberapa meter kedepan ditemukan lagi seperti itu. Pemuda minta-minta kepada pengendara yang melintasi jalan tersebut. Mohon ditindak Pak Polisi," tutup Riyan yang sering melintasi jalur Riau - Sumbar.