Daftar PR Jokowi Jelang Turun Tahta dari Kursi Presiden

Jokowi56.jpg
(Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden)

RIAU ONLINE - Pembangunan demi pembangunan semakin gencar dilakukan di Tanah Air, mengingat masa jabatan Presiden Joko Widodo yang hanya setahun lagi.

Jelang akhir jabatannya pada 2024 mendatang, Jokowi terus mendorong para menterinya menggenjot perekonomian Indonesia setelah lebih dari dua tahun diterjang pandemi. Ini kemudian menjadi perhatian masyarakat. Terlebih lagi, masih banyak gagasan yang hingga kini belum direalisasikan.

Dilansir dari Suara.com, Selasa, 21 Februari 2023, ada sejumlah PR Jokowi yang perlu dituntaskan menjelang akhir jabatannya.

Kolaborasi rancang APBN 2024

Kendati masa jabatannya hanya setahun lagi, tak menyurutkan langkah Jokowi untuk tetap mempersiapkan rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) tahun 2024 bersama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani.

Sejumlah menteri juga dipanggil Jokowi untuk mendengarkan penjelasan Sri Mulyani terkait Kerangka Ekonomi Makro (KEM) dan Pokok-pokok Kebijakan Fiskal (PPFK) Tahun 2024 mendatang.

Rancangan APBN ini pun memang dilaksanakan lebih cepat karena ada prioritas lainnya yang harus segera diselesaikan.

Hapus kemiskinan ekstrem


PR besar Jokowi jelang akhir jabatannya di antaranya adalah menghapus kemiskinan ekstrem menjadi 0 persen di tanah air. Pada 2022 lalu, kemiskinan ekstrem Indonesia masih sekitar 2 persen dari total keseluruhan masyarakat.

Pemerintah saat ini fokus terhadap angka tersebut untuk menurunkan level kemiskinan rakyat, setidaknya sebesar 6-7 persen dari keseluruhan.

Tingkatkan nilai investasi

Jokowi optimis aliran nilai investasi dapat tumbuh hingga mencapai Rp 1.650 triliun dari semua sektor perekonomian. Apalagi, pertumbuhan ekonomi di Indonesia saat ini semakin masif.

Hal ini juga disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Ia menjelaskan bahwa misi pemerintah mendorong investasi tersebut juga didasari dengan pencegahan adanya isu krisis pangan.

"Target investasi kita tahun depan senilai Rp1.650 triliun. Kemudian, tahun depan kita harus siapkan juga ketersediaan pangan terutama tahun 2024" ungkap Airlangga.

Targetkan ekonomi meningkat hingga 5,7 persen

Jokowi mengaku menargetkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia pada 2024 akan mencapai 5,7% dari tahun 2023.

"Di tahun 2024, proyeksi pertumbuhan di 5,3% hingga 5,7%" ujar Jokowi dalam pertemuan dengan para menteri

Atasi Stunting

Menurut Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2022, angka penderita stunting di Tanah Air tergolong masih tinggi, yakni sekitar 21,6% dari total kelahiran anak di Indonesia.

Fakta tersebut juga menjadi fokus pemerintah sebelum mengakhiri masa jabatan 2024. Sri Mulyani pun menargetkan angka stunting dapat turun sekitar 3,8% dari angka sebelumnya.