Kenali Perbedaan Gagal Ginjal Misterius dan Gagal Ginjal Akut

Ginjal2.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Gagal ginjal akut misterius sudah merenggut nyawa anak di Indonesia. Penyakit ini diduga karena cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) dalam obat sirup. 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sendiri mengeluarkan edaran bagi sejumlah pihak termasuk tenaga kesehatan dan apotek untuk menghentikan sementara pemberian obat tersebut. Tepatnya selama kandungan itu diperiksa.

Namun, masih banyak orang yang belum paham jika gagal ginjal akut ini berbeda dengan gagal ginjal kronis. Nah, untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut.

Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut adalah penurunan mendadak fungsi ginjal yang berkembang dalam tujuh hari. Hal ini dibuktikan dengan output urin yang menurun serta meningkatnya kadar kreatin dalam darah.

Penyakit ini terlihat pada 10-15 persen orang yang dirawat di rumah sakit dan lebih dari 50 persen orang yang dirawat di unit perawatan intensif (ICU). Sementara penyebabnya sendiri beragam tergantung jenisnya.


Adapun jenisnya terdiri dari gagal ginjal prerenal (berkurangnya aliran darah ke kedua ginjal), gagal ginjal intrinsik (gangguan yang mempengaruhi kondisi ginjal secara langsung), serta gagal ginjal postrenal (ada obstraksi hilir urin).

Namun, gagal ginjal akut secara umum disebabkan oleh sejumlah kondisi yang menyebabkan penurunan fungsi ginjal dengan cepat. Diantaranya yang memicu dehidrasi, mual, kelelahan, sesak napas, pembengkakan kaki, nyeri dada, kejang, hingga kebingungan.

Perawatan untuk gagal ginjal akut biasanya membutuhkan rawat inap di rumah sakit. Jika tidak segera ditangani, bisa berujung kematian. Adapun pengobatannya dapat berupa menyuntikkan cairan intravena, diuretik, atau kalsium intravena.

Gagal Ginjal Kronis

Sementara gagal ginjal kronis merupakan hilangnya fungsi ginjal secara bertahap selama beberapa bulan atau tahun. Sebagian besar disebabkan oleh tiga kondisi yang mempengaruhi struktur internal ginjal.

Di antaranya, tekanan darah tinggi (menyebabkan penyempitan pembuluh darah), diabetes (merusak filter ginjal), dan glomerulonefritis (peradangan yang disebabkan oleh sejumlah bakteri, seperti autoimun).

Gagal ginjal kronis juga dapat disebabkan oleh refluks nefropati (aliran balik urin ke ginjal), penyakit ginjal polikistik (kelainan genetik yang menyebabkan pembentukan kista di ginjal), atau obat-obatan yang bisa merusak ginjal secara permanen.

Sementara gejala dari gagal ginjal kronis ini meliputi selalu merasa lelah, nafas berbau amonia, nafsu makan menurun, kulit kering dan gatal, pergelangan kaki bengkak, sering buang air kecil, susah tidur, sulit berkonsentrasi, hingga kram otot.

Tidak ada obat khusus untuk gagal ginjal kronis, namun ada perawatan yang dapat menjaga fungsi ginjal dan memperlambat perkembangan penyakit. Ini dimulai dengan identifikasi serta pengelolaan penyebab yang mendasarinya dikutip dari suara.com

Perawatan ini antara lain, pemberian obat tekanan darah tinggi, obat kolesterol, diuretik, agen perangsang eritropoietin, suplemen vitamin D, pengikat fosfat, serta meminta penderita untuk diet rendah protein.