Balai Karantina Musnahkan Daging Malaysia Berpotensi Mengandung Penyakit

Pemusnahan-daging.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Balai Karantina Pertanian Kelas I Pekanbaru memusnahkan daging berbagai hewan ternak asal negeri jiran Malaysia berpotensi mengandung virus dan penyakit.

Komoditas daging tersebut masuk ke Pekanbaru melalui Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru dan tidak dilengkapi dengan sertifikat kesehatan negara asal.

Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Balai Karantina Kelas I Pekanbaru, Ferdi, usai pemusnahan di Pekanbaru, Jumat, 23 Maret 2018, mengatakan pemusnahan ini dalam rangka mencegah masuknya virus serta penyakit dari luar negeri dan menghindari cemaran kimia terhadap budidaya pertanian lokal.

Selain daging, sejumlah komoditas yang dimusnahkan dengan cara dibakar itu terdiri dari berbagai jenis buah, sayuran serta bibit tanaman. Diantaranya adalah daging babi, sapi, unta, ayam, buah-buahan, benih tanaman, dan sayuran dengan total berat mencapai 50 kilogram. 

Ferdi menuturkan, mayoritas komoditas tersebut merupakan hasil sitaan petugas Bea dan Cukai serta Aviation Sevurity (Avsec) Bandara International Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru selama triwulan pertama 2018.

"Memang mayoritas komoditas ini masuk melalui Bandara dari Malaysia. Baik dikirim via pos kargo maupun dibawa penumpang," ujarnya. 

Namun, seluruh komoditas itu tidak dilengkapi dengan sertifikat kesehatan negara asal. Begitu juga komoditas yang masuk melalui kargo, selain tidak dilengkapi sertifikat kesehatan juga tidak diketahui pengirim komoditas tersebut. 

Melengkapi Ferdi, Kepala Balai Karantina Pekanbari, Imam Djajadi menjelaskan pihaknya telah berupaya memberikan kesempatan kepada pengirim dan pembawa yang diketahui identitasnya untuk melengkapi sertifikat kesehatan. 

"Kita memberi waktu tenggat 14 hari agar segera dilengkapi. Namun, karena tidak segera dilengkapi sementara sebagian komoditas mulai membusuk kita harus segera memusnahkannya," kata Imam. 

Imam menjelaskan, beragam virus dan penyakit berpotensi menular jika komoditas itu dilepas ke pasar lokal seperti penyakit sapi gila, mulut kuku sapi yang pada akhirnya akan berbahaya bagi kesehatan manusia.

"Intinya kita sangat meragukan kesehatan dan keamanan komoditas ini," ujarnya. (**)


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id