Luger, Pistol Seharga Miliaran yang Diduga Ikut Tewaskan Brigadir J, Punya Siapa?

Pistol-Luger.jpg
(wikipedia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Luger, pistol miliaran yang diduga ikut tewaskan Brigadir J, punya siapa?.

Siapa pemilik peluru yang tak bertuan di tempat kejadian perkara penembakkan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, tak kunjung menemui titik terang.

Di TKP penembakkan Brigadir J, ditemukan ada tiga jenis peluru. Padahal awalnya hanya ditemukan dua senjata dalam pembunuhan Brigadir J, yakni senjata jenis Glock-17 dan HS.

Namun seiring berjalannya waktu, ditemukan peluru jenis lain yang keluar dari pistol berbeda pula.

Setidaknya ditemukan enam peluru berkode pin 9 CA, 14 peluru berkode S&B, dan terbaru satu peluru berkode LZ Luger 9mm.

Peluru berkode LZ Luger 9mm tersebut diduga berasal dari pistol antik Luger yang harganya miliaran rupiah.


Pistol Antik 'Satu Juta Dolar'

Pistol Luger yang pelurunya diduga ditemukan di TKP kasus penembakkan Brigadir J itu bukanlah pistol biasa.

Jenis pistol tersebut sudah muncul sejak awal tahun 1900-an. Dalam hal ini, angkatan laut Kekaisaran Jerman sudah mulai menggunkaan pistol ini sejak tahun 1904.

Hingga pada tahun 1908 pistol yang juga dijuluki Parabellum-Pistole itu diperkenalkan sebagai pistol organik Kekaisaran Jerman. Tapi yang paling dikenal orang adalah, pistol ini selalu digunakan oleh perwira NAZI.

Mengutip laman Fortyfive, film Wall Street menyebutkan pisto luger sebagai pistol mahal dan langka. Namun Luger 9mm sudah diproduksi dan dugakan sebagai pengganti untuk versi kaliber 45 yang sangat langka.

Salah satu dari jenis pistol Luger telah terjual seharga $1.000.000 (Rp 14,9 miliar ) pada tahun 1989 sehingga disebut 'Pistol Satu Juta Dolar'.

Tetapi ketika dijual lagi pada tahun 2010 dijual harga turun $494.500 (Rp 7,9 miliar).

Terkait penemuan peluru dari pistol antik di kasus penembakan Brigadir J, kuasa hukum Kamaruddin Simanjuntak menduga bahwa senjata tersebut milik ayah Ferdy Sambo.

"Jadi orang-orang yang punya koleksi senjata seperti itu tentu adalah yang berlatar belajag yang duah sejak dulu menguasi persendayaan," ungkap Kamaruddin dalam wawancara Kompas TV.

"Adalah ayah Ferdy Sambo, itu kan pensiuan terakhir adaah mayor jenderal, jeda kemukinan besar dia bisa mengoleksi senjata kuno," tambahnya.