Menikmati Hamparan Batu Bekas Lava di Wisata Alam Batu Mahpar Tasikmalaya

Wisata-Alam-Batu-Mahpar.jpg
(Wisata Alam Batu Mahpar)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kini hadir destinasi wisata alam di Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat yang sangat menarik. Nama destinasi wisata tersebut adalah Batu Mahpar. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya.

Destinasi Wisata Batu Mahpar

Dikutip dari harapanrakyat.com, Batu Mahpar merupakan batu bekas aliran lava yang akhirnya membentuk sungai sepanjang 400 meter. Batuan yang menghampar itu adalah endapan lava akibat meletusnya Gunung Galunggung.

Namun belum dapat memastikan endapan tersebut akibat letusan yang terjadi pada tahun berapa. Batu tersebut kemungkinan sudah berusia ratusan atau bahkan jutaan tahun lalu. Hal itu  karena sudah menjadi batu yang sangat keras.

Keindahan batu yang terhampar tersebut banyak diabadikan melalui kamera ponsel para pengunjung yang datang. Keindahan batu tersebut terlihat memiliki adanya kilauan.  Sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang ada.

Daya Tarik Wisata

Tidak hanya keindahan gunung Galunggung yang menjadi daya tarik wisatanya. Namun wisata alam batu Mahpar ini juga memiliki wisata air dan air terjun. Deretan wahana yang menarik tersedia pada wisata ini, seperti permainan outbound.

Selain itu pengelola juga menyediakan wahana gambar 3D, wisata curug, dan wahana kolam renang. Pengunjung tentunya dapat melakukan berbagai aktivitas di Batu Mahpar. Wahana wisata yang tersedia yang semakin menambah indahnya Batu Mahpar. 

Apabila hanya ingin bersantai saja, pengunjung juga dapat menikmati udara alam yang sejuk sambil berfoto. Dengan berbagai spot menarik yang telah disediakan. Seperti halnya rumah hobbit, payung geulis, taman aksara dan juga bambu cinta.


Selain itu, kebun binatang mini atau zoo akan dibangun pihak pengelola. Untuk  dapat memperkenalkan berbagai hewan pada wisatawan.  Deretan spot wisata yang ada semakin memanjakan wisatawan. Sehingga akan lebih banyak yang datang ke Wisata Batu Mahpar Tasikmalaya.

Fasilitas Tugu Kujang, pintu langit, dan bumi perkemahan juga telah pengelola sediakan untuk anda dan keluarga. Tidak lengkap rasanya apabila berwisata di sini, namun tidak mengunjungi museum Galunggung.

Museum Galunggung yang mengoleksi artefak dan benda-benda lainnya. Benda yang berkaitan dengan budaya, sejarah ataupun hal ilmiah.

Saat berkunjung ke tempat wisata Batu Mahpar, Anda juga dapat melakukan kegiatan traveling . Hal itu tentunya akan semakin mengasyikan.

Anda dapat berjalan-jalan sambil melihat keindahan dari dekat destinasi wisata ini. Memilih bersantai menikmati udara segar sambil duduk-duduk bercengkrama bersama keluarga akan mengasyikan.

Luasnya tempat wisata ini sangat layak untuk digunakan acara gathering. Selain itu juga bisa untuk kemah bersama teman satu kantor atau keluarga.

Harga Tiket

Harga tiket masuk tempat wisata ini termasuk terjangkau. Pada saat weekday, harga tiket masuknya Rp 20.000 per orang. Sedangkan saat weekend, harga tiket masuknya Rp 25.000 per orang.

Sehingga Anda masih  dapat menghemat budget liburan dengan keluarga di awal bulan.  Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, perlu mencatat jam operasionalnya.

Tempat wisata Batu Mahpar buka pukul 08.00-17.00 WIB. Namun pada hari Jumat mulai dibuka pukul 13.00 WIB. Rute lokasi menuju wisata alam ini cukup mudah diakses. Dari Sukaraja jalan terus ke arah Jalan Cibalanarik-Mangunreja hingga Polres Kabupaten Tasikmalaya.

Dari Polres Mangunreja belok kanan menuju arah alun-alun Singaparna nantinya menjumpai gapura. Selanjutnya jalan arah kanan ke Jalan Sukamulih dan lurus mengikuti jalannya. Berjalan terus akan menemukan petunjuk arahnya menuju Batu Mahpar.

Namun selama masa pandemi, Wisata Batu Mahpar ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Seperti melakukan pengecekan suhu, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun. Pastinya tidak lupa untuk menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.