Sepanjang 2021, Ada 1.058,22 Km Jalan di Riau Diperbaiki

jalan-mulus.jpg
(Ade Sulaeman)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, di tahun 2021, di bidang infrastruktur, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melakukan pemeliharaan jalan sepanjang 1.058,22 km dan rehabilitasi jalan sepanjang 10,06 km.

 

Tidak hanya itu, Pemprov Riau juga melaksanakan pembangunan jalan pada 14 ruas dengan panjang 25,07 km. Pelebaran jalan pada dua ruas dengan panjang 3,42 km. Rekontruksi jalan pada 19  ruas dengan panjang 29,05 km.

 

 

“Serta jembatan dibangun pada tiga ruas jalan sebanyak dua unit," katanya, Senin, 3 Januari 2022.


 

Syamsuar juga mengatakan, Pemprov Riau juga melakukan pembangunan seawall dan bangunan pengaman pantai lainnya di Tanjung Lapin, Kecamatan Rupat Utara sepanjang 64,75 meter. 

 

Pembangunan jaringan irigasi rawa sebanyak sepuluh Daerah Irigasi Rawa (DIR) sepanjang 27.084 meter. Pemeliharaan jaringan irigasi sepanjang 76.936 meter, Pembangunan baru SPAM jaringan perpipaan.

 

"Untuk pembangunan, penataan gedung dan kawasan dilakukan pada delapan bangunan, yaitu Makorem 031/WB Pekanbaru, UPT Laboratorium Bahan Konstruksi, Masjid Raya Pekanbaru, Masjid Raya Provinsi Riau, Konstruksi UPT Peralatan, Quran Center, Riau Creative Hub dan rehabilitasi masjid Raya Annur," jelasnya.

 

 

Lebih lanjut, Syamsuar menjelaskan, untuk perawatan jalan, setiap tahun anggaran perawatan maupun pembangunan jalan ini masuk dalam APBD Riau. Hanya saja belum bisa terpenuhi dengan maksimal sesuai kebutuhan yang menyebabkan lambatnya perawatan.

 

"Perawatan jalan ini memang keuangan kita belum mampu sepenuhnya. Namun, kita tetap mengupayakan dengan maksimal dengan berbagai cara agar jalan tersebut tetap terawat dan bisa terus digunakan masyarakat," pungkasnya.