Menu GoRide Menghilang dari Aplikasi Gojek di Wilayah Jakarta, di Ponselmu?

Aplikasi-Goride.jpg
(goride)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Kini tak ada lagi menu GoRide di aplikasi Gojek. Kebijakan itu diduga dilakukan untuk mengikuti aturan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB).

Berdasarkan pandangan mata Suara.com, Jumat pagi 10 April 2020, tampilan utama aplikasi Gojek hanya mencantumkan ikon GoCar, GoFood, GoShop, GoSend, GoMart, GoMed, dan GoNearby.

Kemungkinan, hilangnya GoRide dari aplikasi Gojek merupakan bentuk respon perusahaan terhadap aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Pasalnya, salah satu butir aturan dalam PSBB menyebutkan bahwa layanan ojek online tidak diperbolehkan membawa penumpang selama periode dan area-area yang ditetapkan dalam aturan PSBB.

"Untuk kendaraan roda dua, maka kendaraan roda dua ini juga diizinkan untuk menjadi sarana angkutan, sekali lagi, hanya dibolehkan sebagai angkutan untuk memenuhi kebutuhan pokok atau memang bekerja di sektor yang diizinkan. Tanpa itu maka dilarang menggunakan kendaraan roda dua," terang Anies.

Tampaknya, setelah disurvei Suara.com, hilangnya layanan GoRide berlaku di Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya, di daerah yang tidak terkena ketentuan PSBB, layanan aplikasi Gojek masih normal termasuk di dalamnya tersedia layanan GoRide. Hingga berita ini ditayangkan, pihak Gojek sendiri belum mengonfirmasi atau menjelaskan alasan hilangnya menu GoRide dari aplikasi.


Di sisi lain, aplikasi ride hailing lainnya sekaligus rival Gojek, yaitu Grab, masih menampilkan layanan ojek online miliknya, GrabBike. Namun untuk beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya, setelah calon penumpang melakukan pemesanan dan memilih lokasi tujuan, aplikasi Grab mengalihkannya ke layanan GrabCar.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com