Biar Hidup Enak Bareng Istri Muda, Suami Bunuh Istri Pertama, Modus Begal

Jasad-Anis-Suningsih.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, LAMPUNG- Anis Suningsih (34) seorang ibu rumah tangga, tewas dengan beberapa tusukan senjata tajam di tubuhnya karena dibegal.

Tubuh perempuan malang warga Desa Way Galih, Kecamatan Tanjungbintang, itu ditemukan di kebun jagung di Desa Sindangsari, Kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan.

Hari ini kabar itu terbantahkan dengan dicokoknya pembunuh ibu tiga anak itu. Sang pembunuh tak lain adalah suaminya sendiri, Han.

Sebelumnya, untuk mengelabui polisi bahwa korban memang benar korban begal, barang-barang milik korban raib. Antara lain sepeda motor merk Honda Beat nomor pplisi BE 2685 AAE, telepon genggam merek Oppo, dan sebuah dompet.

Meski para pelaku sudah ditangkap, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Lampung Kombes Pol M. Barly Ramadhany belum mau menjelaskan secara rinci identitas para pelaku dan motif mereka melakukan pembunuhan.

"Semua identitas pelaku nanti kami ekspos. Kami masih mendalami motifnya. Kami menduga ini pembunuhan berencana dengan modus seolah-olah dibegal,” kata Kombes Pol M. Barly Ramadhany, 9 Februari 2020.

Informasi yang dikumpulkan menyebutkan bahwa Han memiliki dua istri. Korban merupakan istri tua dengan tiga orang anak. Perekomian mereka pas-pasan.

Hand kemudian menikah lagi dengan seorang perempuan asal Aceh yang relatif mapan secara ekonomi dan belum mendapatkan anak.

Kombes Barly mengatakan, sebelum Anis ditemukan terluka parah dan akhirnya meninggal, ia terlibat ribut besar dengan suaminya.

Keributan itu kemungkinan dipicu karena Han baru pulang menengok istri mudanya di Aceh.

“Korban pernah meminta agar H untuk memilih dirinya atau istri mudanya,” katanya.

Barly mengatakan, dalam catatan kepolisian tersangka Handoko diketahui pernah terlibat tindakan kriminal. Ia merupakan tersangka pembunuh seorang polisi bernama Wiyono.

Menurut informasi, total ada tiga orang pelaku yang diamankan. Salah satu pelakunya adalah Han, suami Anis Suningsih. Dua pelaku lainnya kabarnya masih keluarga dekat korban.

“Selain suami, dua pelaku yang ditangkap kenal dengan korban. Jadi mereka tergolong orang dekat. Keduanya juga buka suara, bahwa pelaku lainnya merupakan suaminya sendiri. Pelaku H sudah kami amankan dirumahnya. Dugaan kuat sementara, ini pembunuhan berencana dengan modus pura-pura dibegal,” ujar Barly.

Artikel ini sudah terbit di Teras.id