Cara Mudah Bedakan Toyota Vios dan Limo Bekas Taksi

Toyota-Vios.jpg
(Aditya Pratama Niagara/kumparan)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Mobil bekas jadi solusi terbaik memiliki kendaraan. Jenis dan harganya berdasarkan tahun pembuatan pun beragam, sehingga bisa menyesuaikan budget calon pembeli.

Nah salah satu model yang dimaksud adalah Toyota Vios dan Limo, kembarannya yang umumnya dijadikan armada taksi.

Soal harga, keduanya punya selisih yang cukup jauh. Contohnya buat model yang lahir pada 2011, Vios masih dilego di angka Rp 90 jutaan, sementara Limo bisa dibeli dengan banderol mulai dari Rp 49 jutaan dari laman jual beli daring.
Tentu ini dapat dijadikan kesempatan bagi oknum nakal meniagakan Limo bekas, namun didandani serupa Vios biar harganya tinggi.

Hanya saja Sekjen Nasional Toyota Vios Club Indonesia (TVCI) Kevin Alviando membeberkan tips membedakan Vios jadi-jadian tersebut.
1. Kilometer

Papar Kevin, perhatikan odometer. Tentu untuk versi Limo punya jarak tempuh yang tinggi karena sebagai armada transportasi

"Pertama kalau membedakannya itu untuk bekas taksi kilometernya lebih tinggi, walaupun bisa di-reset," jelas Kevin saat ditemui kumparan di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (17/11).

2. Rem belakang

Tak kalah penting, cek juga kaki-kaki khususnya bagian pengereman. Vios generasi pertama sudah dilengkapi cakram baik depan dan belakang.
"Cek juga cakram belakang untuk Vios, sementara Limo masih tromol," pungkasnya.
3. Kosmetika

Kemudian, cek juga bagian detail lainnya yang membedakan Vios dan Limo. Seperti list body samping, velg kaleng, grille, dan spion yang memiliki lampu sein.
4. Interior
Lanjut, cek interior mobil. Jelas Kevin, Limo punya karakteristik lain yakni pada transmisinya yang hanya tersedia manual. Kemudian perhatikan lagi detail perbedaannya dari dalam.
"Kalau jendelanya masih engkol itu Limo, Vios power window," jelas pria yang memiliki Vios lansiran 2005 ini.

5. STNK

Terakhir yang paling mudah, periksa kelengkapan surat-surat karena nama mobil tidak dapat diganti. Pada bagian nama atau tipe, akan tertera nama Limo meskipun sudah berubah wujud jadi Vios.

"Sebenarnya gampang ubah Limo jadi Vios, karena banyak toko aksesori mobil yang jual kelengkapannya, bahkan cakram, power window, atau list body pun banyak tersedia," tuntas Kevin.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com