3 Pengacara Kontroversial Ini Jubir Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf

Farhat-sunan-razman.jpg
(Kumparan.com)


RIAU ONLINE - Juru bicara (jubir) untuk membantu tim pemenangan saat kampanye telah dipersiapkan partai koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin. Sekjen PPP Arsul Sani mengatakan, para jubir diberi pembekalan agar dapat menyampaikan kinerja Jokowi berdasarkan data yang ada.

"Kami menyiapkan jubir-jubir dari koalisi ini dengan data-data, dan kami tidak mengajarkan jubir kami untuk mengembangkan hoaks dan ujaran kebencian atau fitnah. Kalau pun menyerang basisnya itu harus data‎," ujar Arsul, seperti dilansir dari Kumparan.com, Selasa, 14 Agustus 2018.

Setidaknya ada 90 orang jubir. Yakni sembilan parpol mengirimkan 10 orang dan ditambah beberapa relawan. Dari puluhan jubir tersebut terdapat tiga nama pengacara yang terkenal kontroversial. Mereka merupakan kader dari parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Berikut ketiga jubir Jokowi-Ma'ruf tersebut:

1. Farhat Abbas

Pengacara Farhat Abbas menjajaki dunia politik melalui PKB. Sejumlah kasus selebriti Indonesia kerap ditanganinya. Farhat juga dikenal dengan ucapan-ucapannya yang kontroversial.

Farhat sempat ramai dibicarakan karena isu poligami saat menikah dengan penyanyi Nia Daniaty. Dia juga diketahui sempat berseteru dengan Ahmad Dhani di media sosial, dengan menyerang urusan keluarga Dhani. Walau perseteruan keduanya berakhir damai.

Farhat juga melaporkan beberapa selebiriti dengan kasus yang berbeda-beda, seperti Ariel NOAH, Raffi Ahmad, Vicky Prasetyo, hingga Nikita Mirzani.

Ia juga pernah ditetapkan sebagai tersangka pada tahun 2013, atas pencemaran nama baik terhadap Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. Farhat melalui akun Twitternya @farhatabbaslaw (saat ini akun sudah di-suspend), berkomentar soal pelat mobil pribadi Ahok yang berujung dengan pernyataan bernada SARA.

2. Razman Arif Nasution

Razman Arif Nasution merupakan kader PKB, yang mulai dikenal usai menjadi pengacara prapperadilan Jenderal (Purn) Budi Gunawan saat berhadapan dengan KPK pada sekitaran Februari 2015.

Razman pernah dijatuhi hukuman pidana kasus penganiayaan terhadap keponakannya sendiri pada tahun 2006. Namun, Razman baru dieksekusi pada tahun 2015, tak lama usai sesumbar dirinya tak bisa dieksekusi.

Dia dikenal dengan pengacara yang kerap membela tersangka KPK. Di antaranya Sutan Bhatoegana pada Juni 2015 hingga mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho.

3. Sunan Kalijaga

Kini, pengacara Sunan Kalijaga merupakan kader PKPI. Tak hanya dikenal soal hukum, kehidupan Sunan juga dikenal di luar persidangan.

Dirinya kerap memposting gaya hidupnya yang terbilang mewah di Instagram. Terbaru, Sunan mengunggah video uang ratusan juta rupiah yang diletakkan di dasbor mobilnya.

Unggahannya itu menuai beragam respons dari netizen yang tak sedikit menyebutnya hanya pamer kemewahan. Namun ia membantah dan mengaku hanya berniat untuk memotivasi para advokat muda.

Sunan Kalijaga memang dikenal sebagai pengacara langganan artis-artis terkenal. Wajahnya kerap wara-wiri di infotaiment mendampingi para artis yang tengah berperkara.

Sunan merupakan ayah dari selebgram Salmafina Sunan. Salmafina belum lama ini menjadi perbincangan netizen terkait dengan pernikahan dengan seorang hafiz Qur'an bernama Taqy Malik.