SBY: Hubungan Saya dengan Ibu Mega Belum Pulih

Presiden-SBY.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, JAKARTA - Hubungan antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) selama ini baik-baik saja. Akan tetapi berbeda dengan hubungannya dengan Megawati.

Diakui SBY, enam bulan belakangan ini telah menjalin komunikasi yang intensif dengan Jokowi. Dikutip dari Liputan6.com, Rabu 25 Juli 2018, hubungan baiknya dengan Jokowi sudah terjalin sejak 2014.

Saat itu Jokowi baru saja terpilih menjadi Presiden. Jokowi saat itu menawarkan kepada SBY agar Partai Demokrat masuk koalisi pendukungnya di pemerintahan.

"Saya jawab barangkali tidak tepat bapak karena di pilpres (2014) Demokrat tidak mengusung pak Jokowi maupung Prabowo. Waktu itu Demokrat membuat konvensi capres tapi tidak berhasil lalu kami putuskan tidak mengusung capres. Rasanya pak Jokowi kalau kami ada di dalam (pemerintahan) tidak tepat," kata SBY dalam jumpa pers di kediamannya, Mega Kuningan, Jakarta, Rabu 25 Juli 2018.

Kemudian pada 2015, SBY mengaku sempat menemui Jokowi di Istana. Saat itu SBY mengundang Jokowi untuk hadir di acara organisasi yang dipimpinnya Global Green Growth Institute (GGGI). Dalam pertemuan itu, Jokowi kembali menawarkan Demokrat untuk bergabung.

"Semangatnya baik. Saya mengetahui pak Jokowi sungguh-sungguh mengajak Demokrat koalisi di pemerintahan. Kalau ada yang bilang SBY kena PHP, tidak. Pak Jokowi sungguh-sungguh ajak kami ke dalam," katanya.

SBY mengaku Jokowi memastikan parpol koalisinya akan menerima jika Demokrat masuk ke dalam koalisi. Kepastian itu ia minta lantaran hubungannya dengan Megawati masih memiliki jarak.

"Setiap bertemu Pak Jokowi, saya bertanya, apakah kalau Demokrat berada di koalisi, partai koalisi bisa terima kehadiran kami. Beliau menjawab ya bisa. karena presidennya saya. Itu terus terang meruapakan pertanyaan saya. Karena melihat realitas hubungan Ibu Mega dengan saya belum pulih, jadi masih ada jarak, masih ada hambtan," kata SBY.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id