Evakuasi Korban, KM Lestari Maju Dikandaskan di Perairan Selayar

Evakuasi-penumpang-KM-Lestari-Maju.jpg
(ISTIMEWA)

 

RIAU ONLINE, BULUKUMBA - Kecelakaan laut menimpa kapal penyeberangan KM Lestari Maju di perairan Selayar Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan pada Selasa, 3 Juli 2018 pukul 14.30 WITA. Peristiwa ini telah dibenarkan oleh Kementerian Perhubungan Ditjen Perhubungan Laut.

Menurut Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Bulukumba, Zainuddin, KM Lestari Maju yang tengah berlayar menuju Kabupaten Selayar diindikasi kemasukan air akibat buruknya cuaca.

Sementara saat ini, proses evakuasi 139 orang penumpang tengah dilakukan oleh tim evakuasi dari Basarnas bersama kapal-kapal nelayan.

"Adapun kapal-kapal besar tidak dapat mendekat dikarenakan cuaca buruk," kata Kepala Bagian Operasioan dan Humas DJPL, Gus Rional.


Tak hanya membawa penumpang, Gus menyebutkan, kapal itu juga bermuatan 48 unit kendaraan yang terdiri dari 18 unit kendaran roda dua, 14 unit kendaraan roda empat, 8 unit kendaraan golongan 5 dan kendaraan golongan 6 sebanyak 8 unit.

Baca Juga KM Lestari Maju Karam di Perairan Selayar

Sementara, kata dia, kapal itu telah dikandaskan di perairan Selayar, sekitar 300 meter dari panrai Pabadilang, Selayar

"Sebagian penumpang telah berhasil dievakuasi sedangkan sebagian lagi masih berada di atas kapal," ujarnya.

Seluruh penumpang telah mengenakan jaket keselamatan (life jacket) serta telah mengikuti prosedur keselamatan di atas kapal dengan panduan dari Nakhoda dibantu kru kapal.

"Ditjen Perhubungan Laut terus memonitor dan memberikan bantuan semaksimal mungkin guna mengevakuasi para penumpang KM Lestari Maju tersebut," tutupnya.