Mati Mesin, Kapal TNI Tenggelam di Kepulauan Seribu

Kapal-TNI-tengelam.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Sebuah kapal motor cepat milik TNI, tepatnya milik Kodam Jaya dengan nomor lambung AD-16-05 tenggelam di Kepulauan Seribu, Senin, 12 Maret 2018. Menurut penjelasa Kapendam Jaya Letkol Inf Kristomei Sianturi, kecelakaan ini berawal dari matinya mesin kapal saat hendak menuju Pulau Pramuka.

"Peristiwa tenggelamnya kapal KMC AD-16-05 yang sedang mengangkut personel kita dalam rangka menyiapkan kegiatan bakti sosial di Kepulauan Pramuka," ucap Kristomei yang dikutip dari Liputan6.com.

Kegiatan itu rencananya digelar pada pukul 11.00. Kristomei mengatakan, saat kejadian ada 65 orang personel di dalam KMC. Ia memastikan semua personel itu selamat. Proses evakuasi dibantu kapal lain.

"Korban jiwa tidak ada. Semua personel selamat dipindahkan ke kapal kita satu lagi, dan dibantu oleh kapal dari Kepulauan Pramuka," jelas Kristomei.

Bahkan, para korban tak ada yang dibawa ke rumah sakit. Selain itu, tidak ada warga sipil yang ikut dalam kapal tersebut.

"Enggak ada (dibawa ke rumah sakit). Iya Kodam semua, tidak ada sipil," pungkas Kristomei.

"Jadi kita kan mengerahkan dua kapal KMC AD-16-05 dan KMC AD-04-15. Jumlah personel (di dua kapal) ada 115 personel untuk menyiapkan ke tempat itu (Pulau Pramuka). Kemudian dalam perjalanan, KMC AD-16-05 mengalami mati mesin," ucap Kristomei yang dikutip dari Liputan6.com.

Saat memindahkan personel yang berjumlah 65 dari kapal KMC AD-16-05 ke KMC AD-04-15, kata dia, cuaca sempat memburuk.

"Dalam rangka pemindahan personel KMC AD-16-05 ke KMC AD-04-15, memang situasi dan cuaca tidak baik," ungkap Kristomei.

Pada keadaan seperti itu, akhirnya kapal KMC AD-16-15 tenggelam. "Nah kapal yang ditinggalkan tenggelam. Dia mogok mesinnya dan terapung-apung di air," jelas Kristomei.

Dia pun membantah, pemindahan itu lantaran kapal kelebihan kapasitas. Tenggelamnya kapal itu berawal karena mati mesin. "Oh tidak, tidak, tidak. Kan kita gunakan dua kapal," pungkas Kristomei. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id 

-->