Gelombang Tanah Bergulung Turuni Lereng Bukit, Belasan Korban Tertimbun Longsor

Tanah-longsor-di-Brebes.jpg
(BPBD Brebes)

RIAU ONLINE, BREBES - Bencana tanah longsor menerjang sejumlah petani yang sedang bekerja di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada Kamis, 22 Februari 2018 pagi tadi.

Informasi terakhir pada pukul 17.00 WIB diketahui ada lima orang ditemukan tewas dalam peristiwa itu dan belasan lainnya masih belum ditemukan, mereka diperkirakan masih tertimbun tanah. Sementara, 14 petani bisa menyelamatkan diri kendati dalam keadaan luka.

Menurut keterangan tertulis juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP) Sutopo Purwo Nugroho, longsor terjadi di hutan produksi milik perhutani BKPH Salem petak 26 RPH Babakan.

Proses penyelamatan terhambat oleh kondisi tanah longsoran yang masih bergerak. Dalam rekaman video yang beredar, tampak gelombang tanah bergulung ambruk menuruni lereng bukit dan menerjang sawah di bawahnya.

Aparat dari TNI, Polri, BPBD, Camat Salem, PMI, SAR, relawan setempat dan puluhan warga membantu upaya penyelamatan dan evakuasi.


"Saat ini pencarian korban yang tertimbun longsor belum dapat dilakukan," kata Sutopo seperti dikutip dari BBC Indonesia. 

"Material longsor masih bergerak sehingga membahayakan petugas. Material longsor cukup tebal dan luas. Masyarakat dilarang berada di lokasi longsor untuk mengantisipasi longsor susulan," paparnya.

Di wilayah Kecamatan Salem, sudah beberapa hari ini hujan cukup deras. Kondisi ini menyebabkan beban air tanah bertambah dan menyebabkan longsor, tambah Sutopo. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id