Anies Minta Korban Banjir Jakarta Jangan Ngemis-ngemis di Jalanan

Anies-Baswedan.jpg
(Lanud Roesmin Nurjadin)

RIAU ONLINE, JAKARTA - Ibukota Jakarta tengah dilanda banjir dan menggenangi rumah-rumah penduduk. Banyak diantara korban banjir harus mengunggsi dan membutuhkan bantuan.

Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warganya yang menjad korban banjir Jakarta untuk tak perlu meminta belas kasihan di jalanan. Sebab bantuan kepada mereka sudah masuk ke wilayah yang dilanda banjir.

"Pokoknya, kalau membutuhkan kita, kabari kita," kata Anies seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis, 8 Februari 2018 kemarin.

Anies berharap korban banjir Jakarta dapat menunjukkan sikap baik dengan tidak meminta-minta atau mengemis di jalanan. Sebab banyak para dermawan yang siap mengurangi beban mereka.

"Juga berharap warga menunjukkan sikap yang baik. Karena banyak juga yang ingin membantu. Pengalaman di beberapa tempat kemarin juga, ketika masa-masa membutuhkan makanan, datang semua," kata dia.

Anies meminta kepada korban banjir untuk bersikap jujur. Karena yang mengaku belum mendapat bantuan padahal mereka sudah menerimanya.

"Tapi kadang-kadang juga kasihan teman-teman di lapangan. Giliran ditanya sudah makan belum? 'Belum.' Tapi barusan makan. Tapi ada juga yang sudah makan, 'Sudah, Pak.' Makan baik. Jadi kita harus hati-hati melihat ini, jangan sedikit-sedikit berkesimpulan belum beres," ujar dia.

Warga korban banjir di Cililitan, Jakarta Timur sebelumnya terpaksa mengungsi di trotoar Jalan Dewi Sartika, Jakarta Timur pada Selasa, 5 Februari 2018. Di antara mereka, ada beberapa yang meminta belas kasihan dari para pengendara motor yang melintas.


Anies sebelumnya mengatakan, puncak kiriman air dari Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat sudah lewat. Meski demikian, Pemprov DKI tetap siaga bencana banjir Jakarta. Sebab, menurut prediksi BMKG, puncak musim penghujan di Jakarta berlangsung sampai 16 Februari mendatang.

"Proyeksi BMKG ini diproyeksikan cuaca seperti ini bisa sampai 16 Februari, jadi posisi kita harus bersiaga sampai 16 Februari. Mungkin lebih dari itu, mungkin bisa lebih awal," kata Anies di Balai Kota Jakarta.

Selain itu, dia menyebut banjir Jakarta yang terjadi semalam berbeda dengan banjir yang terjadi November tahun lalu. Semalam, banjir terjadi karena air kiriman di hulu, sedangkan November lalu karena curah hujan sangat tinggi di Jakarta.

"Dua hal yang berbeda, November kemarin itu karena curah hujan yang amat tinggi di Jakarta. Yang terjadi kemarin ini curah hujan yang amat tinggi di hulu kemudian memiliki dampak pada kita di Jakarta," ujar Anies.

Akibatnya, sejumlah wilayah Jakarta kembali dilanda banjir. Dari beberapa wilayah yang terendam, seperti Pejaten Timur dan Kampung Pulo yangdua tahun belakangan tidak banjir, semalam kembali terendam.

Anies mengatakan, hal pertama yang dilakukan Pemprov DKI adalah memastikan pengungsi banjir Jakarta aman dahulu.

"Pertama saat ini kita monitor terus, memastikan semua pengungsi semua daerah terdampak itu dapat bantuan yang cukup," jelas Anies. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id