Manisnya Berbuka Puasa dengan Es Laksamana Mengamuk

Es-Laksamana-Mengamuk2.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menyiapkan menu buka puasa memang menjadi keseruan saat Ramadan. Apalagi, buka puasa dengan sajian manis dan menyegarkan yang menggugah selera.

Seperti Es Laksamana Mengamuk yang merupakan minuman populer di Provinsi Riau dan menjadi pilihan menu berbuka puasa.

Seorang peracik minuman Es Laksamana Mengamuk, Andang bercerita bahwa penamaan minuman manis dan menyegarkan ini berawal dari seorang laksamana yang mengamuk karena tidak kebagian buah kweni. 

“Kemudian ada seorang perempuan masih mempunyai sisa buah kweni, dan dibuatkanlah minuman dari mangga kweni tersebut sehingga laksamana itu tidak mengamuk lagi, itu cerita dari masyarakat,” ujarnya.

Es Laksamana Mengamuk menggunakan bahan utama mangga kweni, selain itu sajian manis ini menggunakan biji selasih serta santan sebagai bahan pelengkapnya.


“Bahannya sendiri itu ada kweni, kemudian selasih dan ada santan, itu untuk khasnya laksamana mengamuk,” jelas Peracik Minuman Es Laksamana Mengamuk.

Saat Ramadan minuman Es Laksamana Mengamuk sebagai sering menjadi pilihan pilihan untuk berbuka puasa.

Andang menambahkan, minuman ini sangat diminati masyarakat saat Ramadan, bahkan banyak yang datang dari luar Provinsi Riau untuk mencicipi minuman khas dari Riau tersebut.

“Banyak juga warga dari luar provinsi Riau datang untuk mencicipi minuman khas ini,” tuturnya.

Minuman ini banyak dipilih sebagai hidangan berbuka puasa karena menyegarkan dan bisa disantap sebelum makan hidangan berat seperti nasi.