Butuh Healing? Kota Pekanbaru Punya Ruang Terbuka Hijau Gratis, Cek di Sini

RTH2.jpg
(https://jemari.riau.go.id/)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Padatnya aktivitas terkadang dapat memicu stres pada seseorang, sehingga butuh waktu untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh. Dibutuhkan waktu sejenak menepi dari kesibukan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

Kekinian, masyarakat banyak yang memilih berwisata dan bersantai menghabiskan waktu  untuk menyembuhkan dan membuat tubuh dan pikiran kembali segar hingga muncul istilah healing.

Sayangnya bagi mereka yang sibuk, tidak mudah mendapatkan waktu untuk healing, apalagi di tengah pekerjaan yang menumpuk. Tapi sebenarnya, healing tidak perlu berwisata ke luar kota hingga berhari-hari yang mengharuskan kamu meninggalkan pekerjaan.

Kamu dapat menikmati waktu healing dengan memanfaatkan fasilitas dari pemerintah. Di Kota Pekanbaru, pemerintah telah membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dapat dimanfaatkan untuk menyegarkan pikiran.

Tak perlu ongkos besar dan bisa dilakukan tanpa harus meninggalkan pekerjaan sampai berhari-hari.

Nah, RIAU ONLINE telah merangkum 4 RTH di Kota Pekanbaru yang cocok dijadikan tempat healing. Apa saja?

1. RTH Tunjuk Integritas

RTH Taman Tunjuk Integritas. Berada di Jalan Ir. H Juanda, Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Taman Tunjuk Ajar bisa jadi pilihan untuk berwisata gratis. 

RTH ini diresmikan pada hari anti korupsi dan menjadi simbol serta pengingat untuk melawan korupsi di Kota Bertuah ini. 

Banyak fasilitas yang dapat dinikmati masyarakat di sini. Di RTH ini kamu bisa menikmati pemandangan hijau dan berolahraga, atau bersantai sendiri.

2. RTH Putri Kaca Mayang

RTH Putri Kaca Mayang di Jalan Jenderal Sudirman, Jadirejo, Kecamatan Sukajadi, Kota Pekanbaru, lokasinya tepat di pusat kota yang menghubungkan Jalan Sumatera dan Jenderal Sudirman. 


Dulunya RTH ini merupakan tempat wahana bermain bernama taman Ria Putri Kaca Mayang. Kini, RTH ini cocok jadi tempat cuci mata di tengah hiruk pikuk kepadatan Kota Bertuah ini. 

Di pagi hari, banyak warga yang berolahraga di sini. Saat sore, biasanya diramaikan oleh warga yang ingin bersantai sambil menikmati senja. Ketika malam, RTH Putri Kaca Mayang tampak cantik dengan berbagai lampu yang menghiasi dengan desain yang cocok sebagai spot berfoto.

3. Taman Kota Arifin Ahmad

Taman Kota Arifin Ahmad berlokasi di antara persimpangan Jalan Arifin Ahmad dan Jenderal Sudirman, mudah dijumpai sebab terletak di pusat kota. Memiliki area taman yang cukup luas dan dilengkapi fasilitas yang cukup, membuat masyarakat memilih RTH ini untuk berwisata menghabiskan waktunya bersama keluarga atau orang yang disayang. 

Untuk anak-anak, taman ini dilengkapi fasilitas bermain dengan area yang sejuk dan rindang membuat masyarakat nyaman duduk bersantai di sini.

4. Taman Kota Diponegoro

Taman Kota Diponegoro di Jalan Rupat, Simpang Empat, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru. 

Taman ini didominasi oleh fasilitas bermain anak-anak seperti ayunan hingga perosotan.  Terdapat fasilitas pijat refleksi yang terdiri dari susunan batu kecil di salah satu bagian jalan. Ada juga replika Kapal Lancang Kuning Istana Siak. Tenang di sini juga tersedia bangku-bangku, pendopo untuk kamu menghabiskan waktu, berinteraksi dengan orang yang disayang dan musala.

5. Taman Olahraga dan Rekreasi Rumbai

Taman Olahraga dan Rekreasi Rumbai, Jalan Yos Sudarso, Umban Sari, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, menjadi lokasi yang asyik untuk olahraga di Pekanbaru. Area taman yang luas sering kali dijadikan sebagai tempat jogging dan jalan santai. 

Banyak fasilitas olahraga yang bisa digunakan di sini, mulai dari lapangan basket, volli, sepak bola, dan tersedia pula lintasan batu refleksi untuk lansia. Jika lapar, tenang di sini juga tersedia lapak pedagang makanan dan minum, mulai dari bakso sampai jajanan ringan.

6. Science Park Universitas Riau

Taman ini berlokasi di Jalan Bina Widya UNRI, Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru. Tepat setelah masuk gerbang depan UNRI, kamu akan menjumpai taman ini. 

Taman ini menjadi spot favorit masyarakat untuk menghabisi waktunya terutama di sore hari. Fasilitas bermain anak  di sini juga cukup lengkap. 

Di sini juga tersedia pendopo sebagai tempat berdiskusi. Taman ini juga dijadikan sebagai tempat pertemuan mahasiswa dan juga masyarakat.

7. Hutan Kota

Hutan Kota di Jalan Diponegoro, Suka Mulia, Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru. Kawasannya yang masih asri dan sejuk cocok untuk duduk santai melepas beban pekerjaan.

8. Taman Bundaran PHR

Taman Bundaran PHR berlokasi di Jalan Limbungan Baru, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru. Taman ini sedang ramai-ramainya dikunjungi masyarakat. Rerumputan hijau dengan kontur tanah berbukit-bukit dikatakan oleh pengunjung sangat cocok untuk spot foto atau Instagramable. Area yang luas, jauh dari jalan membuat masyarakat nyaman berlama-lama di sini. Sayangnya, tidak tersedia fasilitas bermain untuk anak-anak di sini.

Artikel ini ditulis A.Bimas Armansyah, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE