Penting! 5 Alasan Kaum Adam Wajib Gunakan Skincare

Ilustrasi-skincare-pria.jpg
(Foto: Shutterstock via kumparan)

RIAU ONLINE - Perawatan kulit dengan skincare tak hanya penting dilakukan bagi wanita, tapi juga suatu keharusan bagi kaum adam. Selain meningkatkan rasa percaya diri, skincare juga mampu menghidrasi lapisan bagian terluar tubuh sehingga lembut, bebas kusam, dan ternutrisi.

Tekstur kulit pria 20% lebih tebal dan memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif dibandingkan kulit perempuan, sehingga kulit pria lebih rentan terhadap masalah jerawat hingga kusam,” tutur Dokter Kulit, dr. Hari Darmawan, dikutip dari Suara.com, Kamis, 9 Februari 2023.

Aktivitas sehari-hari dan polusi juga berdampak pada semua kulit tanpa melihat gender, sehingga pria juga butuh perawatan. Terutama, bagi mereka yang beraktivitas di luar ruangan.

Sebab itu, penggunaan skicare dengan rutin memberikan beragam manfaat bagi kulit wajah pria. Tak hanya itu, ada beberapa alasan penting yang mengharuskan pria menggunakan skincare, berikut di antaranya:

1. Bersihkan kulit wajah

Beraktivitas seharian menyebabkan debu, kotoran, polusi, dan bakteri, menjadi sumber masalah kesehatan kulit wajah. Jika tidak rutin menggunakan skincare, debu dan kotoran akan menumpuk pada wajah yang bisa menimbulkan jerawat, komedo, hingga membuat wajah kusam.

Jadi, penggunaan skincare secara rutin dapat menghilangkan zat-zat yang berdampak buruk bagi kulit. Menggunakan skincare seperti facial wash secara rutin akan membantu menjadi kebersihan kulit dan wajah lebih bersih.

“Tahapan dasar pada skincare pria cukup dimulai dengan membersihkan wajah memakai sabun muka," tutur dr. Hari.

2. Cegah breakout

Polusi, sinar matahari, bahkan asap rokok, menjadi sumber radikal bebas yang merusak sel-sel penting dalam tubuh, termasuk pada kulit wajah. Sel kulit yang tidak sehat akan menyebabkan pigmen kulit yang tidak sehat pula sehingga terlihat kusam, kering, dan kasar, serta menjadi penyebab wajah lebih mudah breakout. Penggunaan skincare menjadi solusi tepat untuk mencegah breakout pada wajah.


3. Mencerahkan dan melembabkan kulit

Penggunaan skincare secara rutin juga dapat mencerahkan dan melembabkan kulit wajah. Kamu bisa memulai dari basic skincare seperti cleanser, toner, moisturizer, dan lainya untuk menghidrasi dan menutrisi kulit sehingga lebih cerah dan terawat.

"Dengan menggunakan moisturizer dapat menjaga kelembaban wajah," ujarnya.

4. Cegah penuaan dini

Ketika memasuki usia 20-an dan 30-an, masalah kulit yang harus dihindari adalah penuaan dini. Penuaan dini bisa terjadi seiring bertambahnya usia, karena kulit perlahan kehilangan kekuatan dan elastisitasnya.

Agar tetap kencang, penting untuk meremajakan kulit dengan rangkaian skincare yang tepat sejak dini, seperti eye cream. Eye cream mampu memperlambat proses penuaan secara signifikan.

“Ciri penuaan dini pada pria yang paling sering ditemukan yaitu munculnya noda hitam, kerutan atau kantung mata. Eye cream merupakan produk skincare yang efektif untuk memperlambat terjadinya penuaan dini,” kata dr. Hari.

5. Meminimalisir risiko kanker kulit

Paparan sinar matahari yang berlebih ternyata menjadi sumber pemicu terjadinya kanker kulit. Penggunaan skincare seperti sunscreen secara rutin setiap pagi atau siang hari dapat meminimalisir risiko kanker kulit.

Penggunaan sunscreen bahkan menjadi suatu keharusan bagi kamu yang beraktivitas di luar rumah. Pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF tinggi agar terlindungi dari dampak buruk paparan sinar matahari.

"Salah satu penyebab utama kanker kulit adalah paparan sinar radiasi ultraviolet (UVA dan UVB) yang berlebihan. Gunakanlah sunscreen dengan SPF 30-50 PA++++ untuk mengurangi risiko terkena kanker kulit," imbuh dr. Hari.

Penggunaan skincare secara rutin memang terlihat rumit, sebab tahapan yang harus dilalui sangat banyak, misalnya di pagi hari kamu wajib untuk menggunakan facial wash, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen, belum lagi saat malam hari, Anda perlu untuk memakai scrub, masker, dan krim malam.

Namun, meskipun terkesan rumit, kulit wajah harus menggunakan skincare dengan rutin, apalagi jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, yang menyebabkan kulit wajah akan terkena debu dan cahaya matahari.