5 Jus Ini Ampuh Memperlambat Penuaan, Bikin Awet Muda

Ilustrasi-jus-wortel.jpg
(Febe Gracia dari Pixabay via Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui bahwa jus dari campuran buah-buahan hingga sayuran baik untuk kesehatan. Tapi tahukah kamu? Beberapa jenis jus selain rasanya lezat juga memperlambat penuaan dini.

Menurut laman Eat This yang dilansir dari kumparan, jus memang menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutukan dalam tubuh. Terlebih lagi, jika kamu adalah seseorang yang sibuk dan tidak punya waktu, maka jus menjadi pilihan minuman sehat yang praktis.

Tapi ternyata, beberapa jenis jus juga menawarkan khasiat yang membuat awet muda atau memperlambat penuaan. Terutama jus alami tanpa penambahan pemanis atau bahan pengawet lainnya.

Lalu, jus apa saja yang punya manfaatn anti-aging yang bikin awet muda? Berikut di antaranya:

1. Jus delima

Buah delima memiliki kandungan antioksidan, seperti polifenol yang punya berbagai manfaat. Sebut saja melawan kanker, mengurangi peradangan, dan penyakin lainnya. Selain itu, jus delima juga memiliki manfaat bagi sel-sel penuaan dalam tubuh.

Karena, delima mengandung molekul yang dapat diubah oleh mikrobioma usus menjadi urolithin A. Senyawa tersebut berfungsi menjaga mitokondria yang pada akhirnya berdampak pada sel-sel dan kekuatan otot.

2. Jus wortel


Wortel memang dikenal dengan kandungan antioksidan, seperti lutein yang dapat meningkatkan kesehatan mata dan otak. Tak hanya itu, studi yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention tahun 2004 menyebutkan bahwa wortel juga mengandung antioksidan lain berupa beta karoten yang dapat membantu mengurangi risiko kanker prostat pada laki-laki yang lebih muda.

3. Jus buat bit

Studi dari Redox Biology pada 2021 menyebut bahwa mereka yang meminum jus bit dapat meningkatkan kesehatan kognitif dan pembuluh darah.

Berbagai manfaat tersebut dapat diperoleh dari bit yang dimasak atau jus buah mentah. Namun, menurut Journal of Human Hypertension pada 2026 mengungkap bahwa jus bit memiliki dampak yang lebih besar ketika dimasak.

4. Jus jeruk Bali

Jus jeruk Bali memiliki senyawa yang disebut likopen. Studi yang diterbitkan dalam Food Science & Nutrition tahun 2019 menunjukkan bahwa likopen memiliki efek "peremajaan" kulit peserta paruh baya.

Studi lain yang diterbitkan dalam American Journal of Nutrition tahun 2000, juga mengungkapkan bahwa likopen dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

5. Jus rumput gandum (wheatgrass)

Jus rumput laut (wheatgrass) dinilai memiliki rasa yang tidak terlalu enak dibandingkan jus lainnya di atas. Tapi, minuman ini menawarkan manfaat dan sifat anti-penuaan yang dimilikinya begitu tinggi bagi tubuh.

Hal ini dikarenakan vitamin C dan E, serta flavonoid yang dikandung rumput gandum dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit seiring bertambahnya usia.

Selain itu, wheatgrass yang juga mengandung klorofil, memiliki sifat antioksidan dan kemampuan kemoprotektif; yang berguna untuk menghindari efek samping setelah kemoterapi.