Konselor Menyusui Siap Bantu Ibu dan Bayi di Pekanbaru

Kegiatan-Perempuan-untuk-ASI-dan-Anak.jpg
(Haslinda/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Perempuan untuk ASI dan Anak (PUAN) bersama Perinatologi Indonesia (PERINASIA) telah menyelenggarakan Pelatihan Konseling Menyusui (PKM) Modul 40 Jam Standar WHO/UNICEF/KEMKES angkatan 139.

Pelatihan ini berlangsung selama 5 hari, mulai 13 Desember 2022 di Evo Hotel Pekanbaru. Untuk praktik klinik digelar di Puskesmas Limapuluh pada tanggal 14-15 Desember 2022 dan di RSIA Annisa Pekanbaru pada tanggal 16-17 Desember 2022.

Diikuti oleh 18 orang peserta yang terdiri dari berbagai latar belakang profesi seperti Dokter Spesialis Anak, Dokter Umum, Bidan, Perawat dan Ketua PKK.

Ketua Perinasia Cabang Riau, dr. Yuliati mengatakan tujuan dilakukannya pelatihan ini adalah membekali para Konselor Menyusui pengetahuan dan keterampilan untuk meningkatkan rasa percaya diri ibu

"Agar dapat berhasil menyusui dengan cara yang baik dan mengatasi permasalahan menyusui yang dihadapi ibu serta mempertahankan pemberian ASI secara eksklusif sampai usia 6 bulan dan melanjutkannya sampai usia 2 tahun atau lebih," tuturnya.

Pada pelatihan kali ini disampaikan oleh 3 orang fasilitator antara lain dr. Cherlina, Sp.A, M.Biomed; dr. Jeanne Roos Tikoalu, Sp.A, CIMI dan Yusnita Purba, SKM. Dengan materi terdiri dari 32 sesi antara lain:

1. Mengapa Menyusui Penting
2. Situasi Lokal Menyusui
3. Cara Kerja Menyusui
4. Menilai Proses Menyusui
5. Mengamati Kegiatan Menyusui
6. Mendengarkan dan Mempelajari
7. Latihan Mendengarkan dan Mempelajari
8. Praktik Pelayanan Kesehatan
9. Praktik Klinik 1
10. Mengatur Posisi Bayi pada Payudara
11. Membangun Percaya Diri dan Memberi Dukungan
12. Latihan Membangun Percaya Diri dan Memberi Dukungan
13. Praktik Klinik 2
14. Kondisi Payudara
15. Latihan Kondisi Payudara
16. Menolak Menyusu
17. Mengkaji Riwayat Menyusui
18. Praktik Mengkaji Riwayat
19. Memerah ASI
20. ASI Tidak Cukup
21. Menangis
22. Latihan ASI Tidak Cukup dan Menangis
23. Praktik Klinik 3
24. Praktik Konseling
25. BBLR dan Bayi Sakit
26. Meningkatkan Produksi ASI dan Relaktasi
27. Mempertahankan Menyusui
28. Praktik Klinik 4
29. Gizi, Kesehatan dan Kesuburan Wanita
30. Ibu Bekerja
31. Promosi Komersial Produk Pengganti ASI
32. Mengubah Praktik Pelayanan

Pelaksanaan PKM juga mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari peserta. Terbukti dengan adanya interaksi dan diskusi yang aktif antara seluruh peserta dan fasilitator yang berlangsung selama materi maupun ketika berdiskusi mengenai permasalahan yang dijumpai para peserta ketika melaksanakan praktik klinik.

Sedangkan pada kegiatan praktik klinik para peserta juga turun langsung menemui para ibu menyusui dan calon ibu menyusui untuk mendengar perasaan dan pandangan ibu terkait menyusui serta menggali permasalahan mereka dan memberikan konseling terkait permasalahan yang dihadapi para ibu.

Acara pembukaan turut dihadiri oleh Direktur RSIA Annisa Pekanbaru dr. Wilmi, MARS, CBA, Ketua PUAN dr. Dian Dwi Sary, Sp.A (K), IBCLC; pengurus Perinasia Pusat Eka Susanti, tim Fasilitator Perinasia dan seluruh peserta. Untuk kegiatan diakhiri dengan penutupan oleh ketua PUAN, dr. Dian Dwi Sary, Sp.A(K), IBCLC pada tanggal 17 Desember 2022 di Evo Hotel Pekanbaru.

Perempuan untuk ASI dan Anak (PUAN) merupakan sebuah lembaga nonprofit pertama di Riau yang secara serius memperhatikan permasalahan menyusui dan secara aktif memberikan dukungan kepada ibu menyusui.