Elon Musk Tersingkir, Kini Tahta Orang Paling Tajir di Dunia Diduduki Sosok Ini

Elon-Musk.jpg
(VOA Indonesia)

RIAU ONLINE - Kini Elon Musk tidak lagi berada di posisi orang paling tajir di dunia sejak dua tahun terakhir. Forbes mencatat bahwa CEO Tesla itu harus merelakan gelarnya kepada pengusaha lainnya.

Pengusaha fashion ternama, CEO LVMH, Bernard Arnault, menjadi sosok yang menduduki takhta orang paling tajir di dunia.

Pasalnya, saham Tesla turun hingga sekitar 6,3 persen pada Senin, 12 Desember 2022, ditambah lagi nilainya pada tahun ini mengalami penurunan hingga lebih dari setengahnya. Hal ini disebabkan Elon Musk melakukan aksi jual setelah mengakuisisi Twitter sebesar Rp 689 triliun.

Dilansir dari Suara.com, Kamis, 15 Desember 2022, kekayaan Elon Musk mayoritas dihasilkan dari saham Tesla yang dua tahun terakhir meroket hingga lebih dari 1000 persen.

Tapi saat ini telah terjadi pergeseran takhta kepada Arnauld. Forbes mencatat Arnault memiliki lebih dari 60 persen kelas saham voting LVMH yang bernilai USD 186,2 miliar atau sekitar Rp 2.9128 triliun.


Tak hanya LV, Arnault juga memiliki brand-brand ternama lainnya seperti Christian Dior, Fendi, Givenchy, dan TAG Heuer.

Sedangkan Elon Musk masih memiliki saham tesla sebesar 14,11% dengan nilai pasar USD530 miliar.

Elon Musk juga masih memiliki saham di SpaceX yang berjumlah lebih dari 40%, perusahaan pesawat luar angkasa itu nilai valuasinya ditaksir senilai USD125 miliar.

Elon Musk sebelumnya memutuskan untuk membeli saham Twitter senilai USD44 miliar atau setara Rp 668 triliun. Dia pun langsung membuat gebrakan dengan memecat para karyawan.

Sementara itu, Indeks Miliarder Bloomberg, yang menggunakan metodologi yang sedikit berbeda, masih menempatkan Musk sebagai orang terkaya di dunia, dengan USD168 miliar (Rp2.633 triliun) dibandingkan dengan USD167 miliar (Rp2.617 triliun) milik Arnault.