Ingin Makan Asam Pedas Patin Khas Riau? Ini Resep dan Cara Praktis Memasaknya

Ikan-patin-asam-pedas.jpg
(istimewa)

Laporan: LINDA MANDASARI

RIAU ONlINE, PEKANBARU - Nama Ikan Patin sudah tak asing bari telinga masyarakat Melayu Riau. Ikan jenis air tawar hidup di sungai-sungai negeri berjuluk Bumi Lancang Kuning ini sangat potensial untuk dibudidayakan.

Ikan Patin kaya akan kandungan kalori dan protein tinggi. Ini sangat baik memenuhi kebutuhan gizi. Bagi masyarakat Melayu, khususnya di Kabupaten Kampar, Asam Podeh Patin menjadi masakan wajib untuk dihidangkan di setiap acara-acara besar.

Asam Podeh Patin dalam penyajiannya tidak menggunakan santan. Walau demikian, cita rasanya tetap gurih dengan tekstur daging yang lembut, dibalut kuah terdiri dari rempah kaya akan rasa asam, pedas, bercampur menjadi satu. Begitu menggugah selera bukan?

Untuk kalian yang tinggal di luar daerah Riau dan ingin menikmati makanan Asam Podeh Patin ini, jangan sedih. Kalian tidak perlu jauh-jauh datang ke Bumi Melayu tersebut hanya untuk menikmati panganan nikmat Asam Podeh Patin.

Asam Podeh Patin


Kalian bisa membuat sendiri di rumah, karena proses pembuatannya sangat mudah dan praktis. Tentunya dengan manfaatkan bumbu dan rempah-rempah mudah didapatkan di pasaran.

Berikut RIAUONLINE.CO.ID berikan informasi mengenai resep pembuatan Asam Podeh Patin

Bahan-Bahan:
1. 1 Kg ikan patin
2. 1 Liter air/secukupnya
3. Minyak goreng secukupnya
4. 3 lembar daun salam
5. 3 lembar daun kunyit
6. 3 lembar daun jeruk
7. 3 buah asam kandis/belimbing wuluh 4 buah
8. Gula, garam, kaldu bubuk secukupnya (sesuai selera)

Asam Podeh Ikan Patin


Bahan-bahan dihaluskan:

1. 100 gram cabai keriting merah (sesuai selera)
2. 3 butir kemiri
3. 1 ruas jahe
4. 5 butir bawang merah
5. 4 butir bawang putih
6. Potongan kunyit kecil
7. 2 batang sereh

Cara Membuat Asam Podeh Patin:

Giling Bumbu Asam Podeh Patin

Pertama, haluskan bahan-bahan sudah disiapkan, kemudian bersihkan ikan patin dan beri perasan air jeruk nipis untuk menghilangkan aroma amisnya.

Lalu tuangkan minyak goreng secukupnya ke dalam wajan, hingga panas. Kemudian masukan bumbu telah dihaluskan. Setelah agak matang masukan daun salam, daun kunyit, daun jeruk.

Ketika bumbu dan bahannya sudah mulai kering atau matang, masukan air secukupnya, kemudian asam kandis atau belimbing wuluh serta ikan patin telah dipotong menjadi beberapa bagian.

Jangan lupa masukan gula, garam, kaldu bubuk secukupnya. Tunggu beberapa saat hingga tekstur ikan patinnya menjadi lembut dan kuahnya matang.

Mudah dan praktiskan? Asam Podeh Patin masakan khas Riau siap dihidangkan dan dinikmati bersama keluarga.

Selamat mencoba!