Mahasiswa UIN Suska Ini Rancang Aplikasi Mobile LBS

aplikasi-MOBILE.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ULTHY)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU - Didit Rinjano, Mahasiswa Teknik Informatika (T IF) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, berhasil merancang sekaligus membangun sebuah Aplikasi Informasi Promosi Produk Menggunakan Location Based Service (LBS) Berbasis Multi-Platform.

 

Menurut Didit, aplikasi tersebut adalah aplikasi mobile yang mampu memberikan informasi kepada calon pembeli agar dapat mengetahui promosi di suatu pusat perbelanjaan dan memperluas jangkauan informasi promosi tersebut.

 

"Aplikasi yang dibangun ini dapat menampilkan hasil pencarian, swalayan, daftar lokasi, lokasi terdekat, promosi dan direction antara posisi pengguna ke lokasi tujuan yang dipilih." jelasnya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa (18/8/2015).

 

Selain itu, pemilik pusat perbelanjaan juga bisa memberikan update mengenai promosi apa saja yang sedang mereka lakukan.

 

Aplikasi Peta Promosi ini berbasis Client-Server. Untuk aplikasi client-nya dibangun aplikasi multi platform yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi perangkat mobile.

 

Selain itu, smartphone juga harus memiliki fitur Global Positioning System (GPS) dan koneksi internet agar dapat berjalan dengan baik.

 

Aplikasi client akan berada pada smartphone calon pembeli yang sedang mencari promosi barang-barang yang akan dibeli. Aplikasi client ini nantinya akan menampilkan peta lokasi sebuah pusat perbelanjaan dan informasi promosi yang sedang berlangsung di sana.

 

Aplikasi client ini akan terhubung dengan sebuah sistem yang terdapat di sebuah server. "Di server inilah nantinya semua data-data lokasi pusat perbelanjaan dan informasi promosi akan disimpan. Karena aplikasi yang dibangun adalah aplikasi multi platform, maka teknologi yang tepat digunakan adalah Mobile Web Aplication." jelasnya.

 

Ia menjelaskan, Mobile Web Aplication adalah sebuah aplikasi web yang diformat untuk smartphone. Dan diakses melalui browser yang terdapat pada perangkat smartphone. Keuntungan dari Mobile Web Aplication ini, dapat berjalan multi platform pada perangkat smartphone yang ada saat ini. "Seperti, Android, iOS, Blackberry dan Windows Phone. Sehingga, pendstribusian aplikasi jauh lebih mudah dan murah." ungkapnya.

 

Hasil penelitian, lanjut Didit, Aplikasi Promosi Pekanbaru dapat mengetahui lokasi pengguna dengan dukungan GPS dan jaringan operator mobile.

 

"Kecepatan dalam mengakses aplikasi tergantung kepada kecepatan jaringan internet yang dimiliki." jelasnya.

 

Selain itu, peta dan direction pada aplikasi dapat berjalan jika koordinat lokasi pengguna dapat ditemukan oleh aplikasi.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline