Rempeyek Pelengkap Istimewa Pendamping Ketupat

RIAUONLINE, PEKANBARU - Rempeyek atau peyek kacang maupun teri menjadi salah satu sajian istimewa pelengkap menu ketupat lebaran di banyak keluarga di sejumlah daerah di Indonesia. Tidak terkecuali di Riau,  khususnya Pekanbaru.

 

"Peyek kacang selalu ada sebagai menu pendamping di momen istimewa lebaran di keluarga kami. Saya selalu membuatnya camilan favorit ini bagi keluarga saya," kata Gemitri, seorang ibu rumah tangga yang juga pemilik usaha katering kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa (14/7/2015).

 

Tidak hanya Gemitri, keluarga Tria, asli Taluk Kuantan juga sangat menggemari rempeyek kacang. "Setiap lebaran saya selalu pesan peyek kacang kepada teman saya. Saya menjadi pelanggan setianya," ungkap Tria.

 

Sejumlah pengusaha peyek yang ditemui RIAUONLINE.CO.ID mengaku kebanjiran order di Ramadan ini. Pelanggan tidak hanya orang Pekanbaru, tetapi juga dari beberapa daerah seperti Perawang, Siak dan Pelalawan. Ratusan kilogram peyek diproduksinya untuk memenuhi semua pesanan selama Ramadhan.

 

"Sejak awal Ramadan, saya sudah mempersiapkan pesanan-pesanan pelanggan yang sudah masuk sebelum puasa tiba. Untuk memenuhi banyaknya pesanan, biasanya saya mempekerjakan seluruh anggota keluarga dan orang-orang di sekitar tempat tinggal," kata Mini, kebanjiran order peyek hanya di Ramadan dan jelang Lebaran ini.

 

Hal serupa juga dialami Gemitri dan Gito. Masing-masing memiliki pelanggan sendiri dengan citarasa peyek yang sebenarnya tidak berbeda jauh. "Peyek cukup digemari masyarakat kita," tandas Gito yang mengaku menjajakan peyek dari mulut ke mulut.

 

 Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline