Pj Gubri Tunjuk Mentor Rusli Zainal dan Sohib Ahmad Ismail sebagai Tenaga Ahli

SF-Hariyanto13.jpg
(Riau Online/Winda Turnip)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, telah menunjuk Rusli Zainal, mantan Gubernur Riau periode 2003-2008 dan periode 2008-2013 sebagai Tenaga Ahli Gubernur di bidang infrastruktur.

Hal ini diketahui melalui Peraturan Gubernur Riau Nomor: KPTS. 365/IV/2024, yang beredar dengan bubuhan tanda tangan Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto,  pada 16 April 2024.

Berdasarkan Pergub tersebut, selain Rusli Zainal, SF Hariyanto juga menunjuk Ahmad Ismail dengan jabatan yang sama. Ahmad Ismail merupakan anak buah kesayangan SF Hariyanto saat di Dinas PUPR Riau serta mantan Kepala Bappeda Kota Pekanbaru.

"Menunjuk tenaga ahli gubernur bidang infrastruktur Provinsi Riau atas nama H. M Rusli Zainal, SE, MP dan Ahmad Ismal, ST, MT," dalam surat tersebut.

Tenaga Ahli sebagaimana dimaksud pada Diktum kesatu mempunyai tugas:

a. Memberikan saran dan pertimbangan di Bidang Infrastruktur kepada Gubernur.

b. Mengikuti rapat/kunjungan apabila diperlukan.

c. Melakukan koordinasi dengan perangkat daerah/instansi terkait.


d. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Gubernur sesuai bidang tugasnya.

SF Hariyanto sebelumnya menyatakan kedekatan dirinya dengan mantan Gubernur Riau, Rusli Zainal tersebut. Ia menyebut, Rusli Zainal merupakan mentor terbaik yang telah mendidiknya hingga menjadi orang nomor satu di Dinas PUPR Riau di masa mantan Bupati Indragiri Hilir (Inhil) tersebut. 

"Tahun 1983 saya honor, enam kali saya naik pangkat. Beliau ini (Rusli Zainal) mentor yang baik mendidik saya. Tanpa beliau tidak mungkin saya sampai di sini," ujar SF saat menyampaikan kata sambutannya di agenda temu ramah bersama tokoh masyarakat, kepala daerah dan Forkopimda Riau, Jumat, 1 Maret 2024 lalu.

Pada kesempatan itu, SF juga bercerita soal karirnya yang mulai melejit saat Rusli Zainal menjabat Gubernur Riau. Bahkan ia mencapai titik karir tertinggi sebagai PNS yakni Eselon I atau IV/e.

"Tanpa beliau (Rusli Zainal) tak mungkin saya sampai di sini. Saya ini dari honorer, jadi kalau kepangkatan ini sudah habis saya dapat," jelasnya.

SF mengaku sejalan dengan pola kinerja mantan atasannya yang pernah mendekam di penjara dalam kasus Korupsi PON dan Kehutanan Riau selama belasan tahun tersebut. 

Selama menjabat, tutur SF Hariyanto menyanjung Rusli Zainal, telah banyak  dituntaskan proyek infrastruktur yang ada di Riau bersama pria yang akrab disapa RZ tersebut.

Beberapa proyek itu seperti pembangunan flyover, jembatan Siak IV, Teluk Mesjid dan Jembatan Perawang. Termasuk jalan yang jadi penghubung kabupaten dan kota.

Sementara itu, dikonfirmasi kepada Kepala Diskominfo Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan, mengatakan Pergub tersebut belum sampai ke dinasnya.

"Diskominfo belum ada Pergub itu masuk," ujarnya.

Sementara itu, kepada Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Provinsi Riau, juga mengaku belum mengetahui kebenaran Pergub tersebut 

"Kita belum tahu tentang Pergub tersebut," pungkasnya.