May Day, Ratusan Buruh Suarakan Aspirasi di GOR Pekanbaru

Serikat-buruh-di-gor-pekanbaru.jpg
(Winda Mayma Turnip/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ratusan buruh dari berbagai serikat pekerja di Provinsi Riau, berkumpul di Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) Kota Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman, Rabu, 1 Mei 2024. Mereka ingin menyampaikan aspirasi para buruh secara langsung kepada pemerintah dalam rangka peringatan Hari Buruh Internasional (May Day). 

Koordinator wilayah Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia Riau, Kormaida mengatakan, ada sejumlah aspirasi yang disampaikan langsung oleh pihaknya kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau, Bobby Rachmat, yang hadir di lokasi tersebut.

Ia menyebutkan, tingginya harga kebutuhan pokok saat ini sangat memberatkan bagi para buruh dengan pendapatan yang rata-rata masih rendah. 

"Kami minta agar bahan-bahan pokok ini, harganya terus meninggi. Kami harap pemerintah bisa memperhatikan dan menekan harga bahan pokok sehingga tidak menekan kami untuk hidup," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan masih ada perusahaan yang melarang pekerjanya membentuk serikat. Oleh karenanya, diharapkan Disnakertrans Provinsi Riau bisa memberikan kebebasan bagi buruh untuk memasuki atau membentuk serikat.

"Kami juga meminta agar pelayanan kesehatan lebih ditingkatkan bagi kami para buruh. Sudah banyak uang buruh yang diambil untuk membayar iuran (jaminan kesehatan). Namun pelayanan yang didapatkan belum sesuai yang diharapkan," ungkapnya.

Menanggapi aspirasi para buruh, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau Boby Rachmat mengatakan, akan menindaklanjuti aspirasi buruh hingga disampaikan ke Pemerintah Pusat. 


Ia melanjutkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah berupaya untuk meningkatkan penghormatan kepada buruh, salah satunya adalah dengan memberikan mereka wadah untuk menyampaikan aspirasinya. 

"Tahun ini, kami sengaja memberikan fasilitas untuk para buruh agar bisa menyuarakan aspirasinya langsung kepada kami, disini. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Kemudian, apa yang sudah kita dengarkan dari para buruh ini, akan kita tindak lanjuti, akan kita sampaikan ke Pemerintah Pusat," jelasnya.

Boby menjelaskan, peringatan Hari Buruh tahun 2024 ini mengangkat tema "May day 2024: Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten".

Ia menjelaskan, Hari Buruh Internasional diperingati sebagai momen untuk menghargai kontribusi para pekerja dalam pembangunan negara. 

"Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi kita semua untuk menegaskan kembali peran pengusaha dan pekerja atau buruh beserta organisasinya selaku unsur pelaku hubungan industrial dalam rangka mewujudkan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan," jelasnya.

Menurutnya, baik buruh maupun pekerja memiliki peran penting dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, hak-hak mereka juga harus diwujudkan oleh negara dan masyarakat.

"Sehingga, harapan untuk peningkatan kesejahteraan buruh dan keluarganya dapat terwujud sesuai dengan harapan, setelah mereka menunaikan tugas-tugas mereka dengan baik," pungkasnya.

Atas nama Pemprov Riau, Boby kemudian menyampaikan terima kasih kepada para buruh, serikat organisasi pekerja, serikat organisasi pengusaha, serta BPJS Ketenagakerjaan yang ikut merayakan peringatan Hari Buruh Provinsi Riau tahun 2024 atas peran aktif dan kerjasamanya. 

"Akhirnya kami mengucapkan Selamat Hari Buruh Internasional 1 Mei tahun 2024. Mari kita tumbuh kembangkan kegiatan usaha, produktivitas pekerja, perbaikan kesejahteraan yang pada akhirnya mampu mengurangi tingkat pengangguran di daerah kita ini," pungkasnya.