Cuaca Terik, Warga Pekanbaru Diminta Antisipasi Kebakaran Lahan

Ilustrasi-kemarau.jpg
(Foto: Shutter Stock via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Cuaca terik di Kota Pekanbaru meski masih diterpa hujan dalam beberapa waktu. BPBD Kota Pekanbaru mengimbau masyarakat agar selalu waspada dalam upaya pencegahan kebakaran lahan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Chandra, meminta jajaran pemerintah mulai dari camat dan Forkopimcam menggiatkan sosialisasi pencegahan kebakaran lahan kepada warga.

"Kami mohon agar imbauan kami untuk mencegah kebakaran lahan ini disampaikan kepada ketua RT dan RW serta warga. Agar, pencegahan kebakaran lahan yang lebih utama dan efektif," ujarnya, Selasa 30 April 2024.

Menurutnya, pencegahan dapat dilakukan dengan tidak membuka lahan dengan cara dibakar, tidak membuang bara api atau puntung rokok sembarangan. Warga juga bisa saling memperhatikan apabila ada lahan terbuka di wilayah pemukiman.


Zarman mengatakan, kontribusi dari warga untuk memantau lingkungannya masing-masing akan sangat berarti untuk mengantisipasi kebakaran lebih efektif dan efisien.

Apabila terjadi kebakaran lahan, warga diminta saling bahu-membahu membantu memadamkan api.

"Namun, bila api diperkirakan tidak bisa dipadamkan sendiri, maka segera hubungi call center BPBD Kota Pekanbaru di nomor 08117651464," jelasnya.

Sementara itu, kualitas udara di Kota Pekanbaru berada di level sedang dalam beberapa hari ini. Indeks kualitas udara (AQI) dan polusi udara PM2.5, indeks kualitas udara 61 AQ US, dengan tingkat polusi udara sedang.

Berdasarkan data dari iqair.com, konsentrasi PM2.5 di Kota Pekanbaru saat ini 3.3 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO.