Doctor On Call Lamban, Plt Kadiskes Pekanbaru Minta Kepala Puskesmas Mundur

Arnaldo-Eka-Putra8.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Arnaldo Eka Putra mengingatkan seluruh kepala puskesmas agar segera menanggapi laporan masyarakat. Mereka yang enggan menindaklanjuti laporan ini sebagai mundur saja kepala puskesmas.

Arnaldo tak menampik saat ini layanan doctor on call dan Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah menuai komplain dari masyarakat. Ia menyadari laporan dari masyarakat sering ditanggapi lamban oleh puskesmas terkait kedua layanan tersebut.

"Masyarakat menelepon ke puskesmas sering responnya lambat, jangan sampai terjadi lagi, kalau tidak mau juga, tidak usah jadi kapus lagi," tegasnya, Jumat 26 April 2024.

Pihaknya pun melakukan evaluasi dan mendapati bahwa ada alur yang cukup panjang. Awalnya telepon diterima dahulu oleh penanggung jawab puskesmas.


"Kadang kalau sudah malam, penanggung jawab segan menelepon kepala puskesmas, maka kita ambil jalan keluarnya," sebutnya.

Atas kondisi ini, Arnaldo mengaku sudah membuat satu grup kontak khusus dan juga tim call centre kepala puskesmas. Dirinya sebagai Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru turut bergabung ke dalam grup.

"Jadi kepala puskesmas harus bertanggung jawab, tidak bisa mengelak dengan alasan tidak bisa diganggu," tegasnya.

Dirinya memberi peringatan kepada seluruh kepala puskesmas agar memastikan layanan 24 jam tetap berjalan. Mereka harus siaga untuk menerima laporan dari masyarakat apalagi dalam kondisi darurat.

"Jadi tidak ada alasan, terkait komunikasi puskesmas dengan RSD Madani harus dibenahi. Jangan sampai tunggu arahan dulu, baru ditangani rujukannya," ujarnya.