Puncak Arus Balik Lebaran, 38 Ribu Kendaraan dari Sumbar Masuk Riau

Kendaraan-mengular-di-pintu-tol.jpg
(Dok. Polda Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Akhir pekan menjadi puncak arus balik pemudik dari kampung halaman. Sebanyak 38 ribu kendaraan dari Sumatera Barat (Sumbar) memasuki Riau pada Minggu, 14 April 2024, berdasarkan catatan pengelola Tol Pekanbaru-Bangkinang.

"Jumlah sementara total pemudik yang balik dari arah Sumatera Utara (Tol Pekanbaru - Dumai) dan dari arah Sumatera Barat melalui Tol Pekbang mencapai 38.150 unit kendaraan," ujar Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal.

Irjen Iqbal menyebutkan pemudik yang balik melalui exit tol Permai menuju Pekanbaru sebanyak 19.956 unit, sedangkan di exit tol Pekbang Sungai Pinang sebanyak 18.194 unit.

"Artinya puncak arus balik sudah dimulai sejak kemarin dan diprediksi terus meningkat sampai besok. Oleh karena itu kita harus all out dan tidak boleh mengurangi standar operasional prosedur layanan kepada masyarakat yang berorientasi kepada kepentingan masyarakat mudik dan arus balik agar aman, tertib dan lancar tanpa adanya gangguan," tuturnya.

Lebih lanjut kata Irjen Iqbal, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau telah melaksanakan pengalihan arus lalu lintas dari jalan arteri ke jalur alternatif. Selain itu, kendaraan pribadi dan bus juga diarahkan untuk memasuki jalan tol agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di jalur umum.


Sementara itu, kata Irjen Iqbal, pemerintah telah menerapkan untuk mengurangi arus balik yang berakibat kemacetan. 

“Kita juga melakukan patroli hunting sistem sekaligus menyampaikan himbauan melalui spanduk dan publik address," katanya.

"Kita bersama stakeholder baik itu dari Jasa Raharja, Dinas Perhubungan bersatu padu untuk mengatur lalu lintas di daerah rawan kecelakaan dan rawan kemacetan. Saya perintahkan semua jajaran untuk bekerja maksimal," pungkasnya.

Sumbar memang menjadi pilihan masyarakat Kota Pekanbaru untuk berwisata saat liburan Lebaran. Pasalnya, banyak wisata menarik di Sumbar bagi masyarakat Riau, seperti wisata alam dan pantai.

Sebut saja, Lembah Harau di Kabupaten Limapuluh Kota, Payakumbuh, Lembah Anai di Kabupaten Padang Pariaman, Pantai Gandoria Pariaman, Jam Gadang Bukittinggi, Pantai Mandeh Pesisir Selatan, dan beberapa destinasi wisata menarik lainnya.