Sidak SPBU di Pekanbaru, Polisi Imbau Pengusaha Tak Curangi Masyarakat

Kapolres-sidak-SPBU.jpg
(dok. Polresta Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polresta Pekanbaru menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU di Jalan Siak II, Pekanbaru, Selasa, 2 April 2024.

Selain memastikan ketersediaan BBM jelang lebaran, Satreskrim juga melakukan pengecekan keakuratan takaran BBM jenis Bio Solar, Dexlite, Pertalite, dan Pertamax turbo.

Hasil sidak menunjukkan bahwa semua mesin di SPBU tersebut aman dan akurat. Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bery Juana Putra, mengatakan bahwa sidak ini merupakan hari kelima yang dilakukan pihaknya.

"Tujuannya untuk memastikan ketersediaan stok BBM dan keakuratan takaran pengisian (metrologi) di SPBU, sehingga masyarakat tidak dirugikan saat mengisi BBM," ujar Kompol Bery, Rabu, 3 April 2024.


Pihaknya juga mengimbau pengusaha SPBU untuk tidak melakukan kecurangan dan mengikuti aturan yang berlaku.

Sementara itu, Pertamina Pemasaran Pekanbaru telah membentuk satgas Ketahanan Stok di sejumlah SPBU, terutama di wilayah perbatasan, untuk memastikan ketersediaan BBM selama mudik Lebaran.

"Kantong-kantong BBM itu kita siapkan mobil tangki yang standby dan ketahanan stok di SPBU tetap diusahakan terkendali," kata Asisten Brand Manager Pertamina Pemasaran Pekanbaru, Erwin.

Ketahanan stok tersebut dipersiapkan untuk 6 hingga 9 hari jelang mudik lebaran, sehingga jumlah BBM diyakini cukup untuk memenuhi kebutuhan pemudik.

Pertamina juga membentuk satgas Ketahanan Stok untuk menjamin ketersediaan BBM selama mudik Lebaran.Pertamina mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan membeli BBM secukupnya.