Pekan Ini Pinang Kering dan Kopra Turun

Pinang5.jpg
(Riau Online/Annisa Alzikri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dinas Perkebunan Provinsi Riau mendata, harga komoditas perkebunan yakni pinang kering dan kopra mengalami penurunan pada pekan ini.

Kepala Dinas Perkebunan Riau, Syahrial Abdi mengatakan untuk harga pinang kering berada pada level Rp4.300 perkilonya atau turun Rp425/kg. 

"Harga tersebut berlaku di Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti," ujar Syahrial, Rabu 27 Maret2024. 

Sedangkan untuk kopra mutu kering (100%) di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti yakni Rp5.525/kg atau turun dari harga minggu lalu.


Berbeda dengan kelapa butiran di Kabupaten Kuansing, Kampar dan Kepulauan Meranti pada periode minggu ini naik menjadi Rp2.983/kg

"Namun, tepung sagu basah sebesar Rp2.475/kg, harga berlaku di Kabupaten Siak, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Kepulauan Meranti masih sama seperti pekan lalu," turunya. 

Lanjut Syahrial, sementara harga Bokar (Bahan Olahan Karet Rakyat) baik tingkat petani maupun di beberapa Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang ada di Kabupaten/Kota ditingkat petani/KUB Kabupaten Kampar sebesar Rp12.700/kg. 

"Kita dari Dinas Perkebunan Prov Riau selalu berupaya dan mendorong mutu karet petaniRiau terus meningkat melalui upaya memperkuat Kelembagaan Petani Karet untuk bergabung dalam UPPB (Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar). Sehingga mutu hasil karet rakyat menjadi bersih dan harga ditingkat petani menjadi meningkat," pungkasnya.