Musim Panas, 1,25 Ha Lahan Terbakar di Kota Pekanbaru

Kebakaran-Hutan-dan-Lahan16.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah wilayah Kota Pekanbaru masih rawan kebakaran lahan. Luas lahan yang terbakar di Kota Pekanbaru saat ini mencapai 1,25 hektare.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra menyebut, potensi kebakaran meluas bisa saja terjadi. Apalagi cuaca panas yang melanda kota beberapa pekan ini dapat meningkatkan kerawanan kebakaran lahan.

"Kita berupaya agar lahan yang terbakar tidak meluas, kita tidak ingin terjadi lagi kebakaran lahan," ujarnya, Selasa 26 Maret 2024.

Ia menjelaskan, petugas sudah menangani kebakaran lahan yang terjadi di dua lokasi, yakni di Jalan Pramuka, Kelurahan Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Timur dan Jalan Indrapuri Ujung, Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayan Raya.


Zarman mengimbau agar masyarakat segera melaporkan kejadian kebakaran lahan guna mencegah kebakaran lahan jadi meluas. "Kita berupaya meminimalisir kebakaran lahan, terutama di wilayah rawan," sebutnya.

Pihaknya bersama aparat gabungan terus meningkatkan kesiapsiagaan pasca penetapan status siaga darurat karhutla oleh Pemerintah Provinsi Riau. Ia menyebut Pemerintah Kota Pekanbaru belum menetapkan status siaga darurat.

Tim BPBD Kota Pekanbaru juga melakukan sosialisasi di sejumlah wilayah rawan kebakaran lahan, seperti di Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Payung Sekaki.

"Kita bersama aparat terkait tetap lakukan langkah antisipasi kebakaran lahan, seperti memasang spanduk peringatan, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar," tutupnya.