Lampu Penerangan di Jalan Protokol Pekanbaru Padam, Kebanyakan Aset Pemprov Riau

Jalan-SM-AMin-gelap-gulita1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) ruas jalanan Kota Pekanbaru dalam kondisi padam. Hal ini terlihat di beberapa ruas jalanan kota pada malam hari.

Seperti terpantau di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Tuanku Tambusai, Jalan Soekarno-hatta hingga Jalan HR Soebrantas. Ada sejumlah lampu padam dan di antaranya ada juga yang menyala.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso tidak menampik sejumlah LPJU dalam kondisi padam. Ia menyebut, banyak di antara lampu yang padam berada di ruas jalan provinsi.

"Banyak dari titik LPJU yang padam berada di ruas jalan provinsi, sebagian belum diserahterimakan ke pemerintah kota," jelasnya, Minggu 24 Maret 2024.


Ia menyebut, Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru tetap melakukan terhadap penyebab padamnya LPJU tersebut. Ada tim layanan cepat yang bakal memeriksa kondisi LPJU.

"Kita sudah memeriksa, memang belum diserahkan sebagai aset pemko, tapi kita dengan kondisi yang ada tetap berkomunikasi dengan pemerintah provinsi," ujarnya.

Yuliarso mengatakan, dalam jangka pendek tim bakal memeriksa kembali kondisi LPJU di jalan protokol. Mereka juga sudah melakukan pemetaan dan perbaikan sehingga di antaranya sudah berfungsi kembali.

LPJU yang dalam kewenangan pemerintah kota berada di ruas jalan kota. Total LPJU di ruas jalan Kota Pekanbaru mencapai 49.000 titik dengan lampu hemat energi dan lampu LED.

"Untuk aset pemprov ini, tetap kita bantu lakukan perbaikan. Namun untuk penggantian lampunya, tentu kita koordinasikan ke pemerintah provinsi," katanya.