Masuki Kemarau, Kota Pekanbaru Belum Tetapkan Status Siaga Karhutla

Kebakaran-Hutan-dan-Lahan16.jpg
(Riau Online/Defri Candra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kota Pekanbaru saat ini memasuki musim kemarau. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru belum menetapkan status siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra memastikan kondisi wilayah Kota Pekanbaru masih aman dari karhutla. Nihilnya kasus karhutla di wilayah Pekanbaru, menjadi dasar bagi Pemerintah Kota Pekanbaru belum menetapkan status siaga darurat karhutla.

"Untuk di Pekanbaru belum ada kejadian kebakaran, sehingga masih zero fire," ujar Zarman Candra, Selasa 19 Maret 2024.

Ia menyampaikan, Kota Pekanbaru baru saja mengakhiri status siaga darurat bencana hidrometeorologi pada 29 Februari lalu. Meski begitu, tim BPBD Kota Pekanbaru di lapangan tetap melakukan upaya pencegahan.


"Sampai saat ini kita belum berencana menetapkan status siaga darurat karhutla, kita juga baru berakhir status siaga darurat banjir," ujarnya.

Pihaknya juga melakukan langkah antisipasi dengan memberikan imbauan kepada camat, lurah serta masyarakat agar siaga. Mereka mengimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Kita lakukan upaya pencegahan, dengan sosialisasi ke masyarakat di wilayah rawan kebakaran lahan," katanya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun juga telah mengadakan rapat bersama sejumlah instansi. Pemko akan bekerjasama dengan pihak terkait guna mengantisipasi terjadinya k di Kota Pekanbaru.

"Saat ini kan cuaca tidak menentu, kadang masuk musim penghujan, kadang musim panas. Kami akan membuat surat edaran kepada masyarakat untuk berhati-hati terutama terkait pembakaran lahan," jelasnya.