Tradisi Petang Megang Sambut Ramadan 1445, Pemko Pekanbaru Tunggu Sidang Isbat

Petang-Belimau2.jpg
(pekanbaru.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat di sekitar Sungai Siak selalu melakukan tradisi Petang Megang menjelang bulan Ramadan. Tradisi Petang Megang biasa digelar setiap tahunnya.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyampaikan, Pemerintah Kota Pekanbaru, untuk pelaksanaannya hingga kini masih menunggu hasil sidang isbat dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

"Apakah nanti Petang Megang kita laksanakan tanggal 10 atau tanggal 11 Maret, kita tunggu sidang isbat dulu. Intinya kita sesuaikan dengan hasil sidang isbat," ujarnya.

Ia menyampaikan, ada berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan pada Petang Megang nanti. Kegiatan diawali dengan ziarah ke makam pendiri Kota Pekanbaru di kawasan Majid Raya Senapelan.


"Kadis Pariwisata sudah melaporkan itu. Ada sejumlah kegiatan yang dilanjutkan dengan petang megang di pinggiran Sungai Siak," paparnya.

Tradisi Petang Megang merupakan tradisi yang dilakukan untuk memanjatkan rasa syukur dan kebahagiaan karena masih bisa bertemu dengan bulan puasa.

Tradisi ini kerap dijumpai ketika akan memasuki bulan suci Ramadan. Selain itu, masyarakat Pekanbaru mengenal tradisi ini dengan istilah "Petang Belimau" yang artinya mandi air jeruk limau di sore hari.