Pemko Pekanbaru Gercep Antisipasi Kenaikan Harga Sembako Jelang Puasa

Muflihun104.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Lonjakan harga bahan pangan di pasaran kembali terjadi jelang Ramadan 1445 H. Satgas Pangan di Kota Pekanbaru harus bergerak cepat guna mencegah terjadinya lonjakan harga melewati batas wajar.

"Bagaimana nanti di Ramadan ini, bisa harga sembako normal jangan melejit naik," ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, Rabu 6 Maret 2024.

Dirinya menyebut sudah memerintahkan dinas terkait untuk mengambil langkah antisipasi lonjakan harga. OPD terkait harus memastikan ketersediaan bahan pangan di pasaran selama momen bulan puasa.

"Kita akan bahas bersama forkopimda dan dinas terkait, kita tentu tidak ingin harga terlalu melonjak. Lalu pasokan juga terkendala di pasaran," sebutnya.


Muflihun menyatakan bahwa kenaikan harga jelang momen hari besar keagamaan memang biasa. Namun pemerintah kota tidak tinggal diam agar lonjakan harga tidak terlalu signifikan dibanding hari biasa.

"Kita tentu berupaya menjaga pasokan dan antisipasi kenaikan harga," paparnya.

Dirinya menyebut, pemerintah kota sedang mencari solusi atas lonjakan harga yang terjadi. Ia menyadari banyak pasokan bahan pangan berasal dari luar Kota Pekanbaru.

"Terkadang itu dipengaruhi inflasi yang fluktuatif, biasanya jelang bulan puasa harga bahan pangan naik, kita akan sigap antisipasinya," tukasnya.