Maling, Ronaldo bersama Rekannya Ditangkap, Ditembak Usai Melawan Polisi

Pelaku-curanmor-dibekuk-di-pekanbaru1.jpg
(dok. Polresta Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jeki Rahmat Mustika, berjanji akan memberantas curanmor, curat dan curas (3C) di Kota Pekanbaru jelang Ramadan. Hal ini dibuktikan dengan penangkapan terhadap dua orang tersangka yang juga merupakan residivis kasus curat.

Kedua pelaku, Febi Adri (29) dan Ronaldo (26), ditangkap di dua lokasi berbeda, Kamis, 29 Februari 2024.

Kombes Jeki mengatakan penangkapan kedua tersangka berawal dari laporan korban, Peldi Hartono yang kehilangan sepeda motor dan sejumlah barang elektronik di rumahnya pada 2 Februari 2024 lalu.

"Dari hasil penyelidikan, Tim Resmob Jembalang berhasil mengamankan FA di Jalan Sudirman. Dari hasil interogasi, FA mengaku beraksi bersama RA. Tim kemudian bergerak dan menangkap RA di sebuah kafe di Jalan Sudirman," ujar Kombes Jeki, Jumat, 1 Maret 2024.

Saat pengembangan, kedua tersangka berusaha melarikan diri dan melakukan perlawanan sehingga petugas melakukan tindakan tegas dan terukur.


"Kedua tersangka merupakan residivis kasus curat. Mereka sudah beraksi di beberapa TKP di Pekanbaru," jelas Jeki.

Barang bukti yang diamankan dari kedua tersangka antara lain satu unit handphone iPhone 11 dan satu unit sepeda motor Honda Beat Street yang digunakan sebagai sarana kejahatan.

Kombes Jeki mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menjelang Ramadan. Ia juga meminta masyarakat untuk tidak segan-segan melapor ke polisi jika melihat hal-hal yang mencurigakan.

"Dalam menyambut bulan Ramadan ini, kita akan fokus terhadap pelaku C3 dan tindak pidana lainnya. Tujuannya agar umat muslim yang menjalankan ibadah puasa dan salat tarawih bisa berjalan dengan khusuk," tegasnya.

Sedangkan kedua tersangka dijerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke-3, 4, dan 5 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara.

"Polisi saat ini masih memburu satu orang pelaku lainnya berinisial JR yang berperan membawa kabur sepeda motor korban," pungkasnya.