Ratusan Kilometer Ruas Jalan Kota di Pekanbaru Rusak Berat

Jalan-bangau-sakti-rusak2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ruas jalan rusak di Kota Pekanbaru panjangnya mencapai 459,8 kilometer. Panjang ruas jalan rusak ini mendekati setengah panjang jalan kota Pekanbaru yang mencapai 1.277 kilometer.  

Di antara banyak ruas jalan rusak itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru mencatat total jalan dalam kondisi rusak berat mencapai 109 kilometer.

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun pun angkat bicara soal banyaknya ruas jalan rusak. Ia menyebut proses perbaikan ruas jalan rusak berlangsung secara bertahap pada awal tahun 2024 ini.

"Kita tidak cuma benahi jalan rusak saja, tapi juga drainase. Kalau drainase tidak kita perbaiki ya percuma saja," paparnya, Rabu 28 Februari 2024.

Ia menyampaikan, perbaikan ruas jalan rusak pada tahap awal ini bakal dilakukan secara overlay atau pelapisan. Proses perbaikan ini seiring perbaikan drainase di sekitar jalan rusak.


Muflihun menyayangkan bahasa di media massa yang kurang elok. Ia ingin menyikapi adanya judul bahasa yang menyatakan pemerintah kota tidak punya uang.

"Saya boleh sikapi, banyak judul bahasa kurang enak di sini. Pemko tidak ada uang, bukan tidak ada uang. Kalau kita ingin membenahi semua dengan overlay, satu kilometer jalan bisa miliaran rupiah," akunya.

Dirinya juga mempertanyakan dari mana anggaran sebanyak itu. Walau demikian, ia mengatakan bahwa pemerintah kota punya komitmen memperbaiki ruas jalan rusak secara bertahap.

"Kita buktikan tahun 2023, kita overlay kurang lebih 14 ruas jalan, tahun ini kurang lebih segitu juga," sebutnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Edward Riansyah menyebut perbaikan ruas jalan di tahun ini mencapai 10,5 kilometer. Ada empat ruas jalan yang masih perbaikan secara overlay tahap awal.

Edward merinci ruas jalan itu yakni Jalan Taman Karya sepanjang 2,7 kilometer. Lalu untuk Jalan Purwodadi sepanjang 2,9 kilometer dan Jalan Bangau Sakti sepanjang 2,7 kilometer.

Kemudian untuk Jalan Dharma Bakti sebanyak 2,2 kilometer. Tahap perencanaan overlay jalan ini sudah selesai sedangkan ruas jalan lainnya masih berjalan.