SF Hariyanto Disebut Bakal Dilantik jadi Pj Gubernur Riau Kamis Mendatang

SF-Hariyanto13.jpg
(Riau Online/Winda Turnip)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah nama-nama calon Pj Gubernur Riau terus menggema di tengah agenda pelantikannya yang tak kunjung diselenggarakan.  

Calon pertama yang sebelumnya menuai pro dan kontra dari perwakilan rakyat Riau, ialah SF Hariyanto yang saat ini menjabat sebagai Sekda Pemprov Riau. Kemudian ada pula Budi Situmorang yang diusulkan Surat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)  sebagai Penjabat Gubernur Riau sisa masa jabatan 2019-2024.

Surat usulan ini beredar di media massa dengan nomor B/TU. 03/3733/XI/2023 dan ditandatangani oleh Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto pada 3 November 2023. 

Sementara waktu berjalan, nama Staf Ahli Kemenko Perekonomian RI, Ellen Setiadi pun muncul usai fotonya yang diberi ucapan selamat akan dilantik sebagai Pj Gubernur Riau selanjutnya beredar dan viral di media sosial.

Kabar terkait agenda pelantikan Pj Gubernur Riau juga masih simpang siur. 

Meski demikian, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Agung Nugroho mengabarkan Presiden Joko Widodo  telah menandatangani Surat Keputusan (SK) Penjabat Gubernur Riau (Pj Gubri). SK tersebut diklaim menunjuk Sekdaprov Riau SF Hariyanto sebagai Pj Gubri.

"Sudah (keluar SK, red). Yang ditunjuk SF Hariyanto dan akan dilantik pada Kamis tanggal 29 Februari besok," ujar Agung, Selasa, 27 Februari 2024.

Menurutnya, setelah dilantik nantinya, Pj Gubernur dapat segera melakukan pekerjaannya untuk membangun daerah. 


"Kami DPRD berharap agar langsung dapat bekerja dan melanjutkan program-program kerakyatan yang ada," jelasnya.

Lain pendapat dari Agung Nugroho, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Hardianto memprediksi pelantikan Pj Gubernur Riau akan diselenggarakan hari ini, Selasa, 27 Februari 2024. Namun, ia tidak dapat menyebutkan siapa calon Pj Gubernur Riau yang akan dilantik tersebut.

"Desas-desusnya saya dengar besok (hari ini). Tapi saya belum dapat gambaran SK-nya, siapa calonnya," ujarnya, Senin, 26 Februari 2024 sore kemarin.

Menurutnya, DPRD Provinsi Riau sangat berharap calon Pj Gubernur Riau adalah orang yang berstatus sebagai warga Riau dan benar-benar mengenal daerahnya. Hal ini dikarenakan momen pengangkatan calon Pj tersebut bersamaan dengan masa Pemilu dan kondisi Riau yang sering terjadi bencana banjir dan Karhutla.

"Kita berharap, begitu dia dilantik, karena dia merupakan orang Riau, dia sudah kenal dengan wilayahnya. Sudah tahu harus berbuat apa," jelasnya.

Namun demikian, pihaknya pun tidak menampik kemungkinan Pemerintah Pusat akan memilih bukan orang Riau sebagai Pj Gubernur Riau. 

Terkait beberapa calon yang diisukan bukan orang asal Riau, seperti Budi Situmorang dan Ellen Setiadi, menurutnya bisa saja terpilih jika memang keputusan dari Presiden Joko Widodo.

"Itu hak prerogatif presiden dan takdir dari calon tersebut. Kita tidak bisa ikut campur, tapi kalau ditanya harapan kita seperti apa, ya tadi, orang Riau," jelasnya.

Di samping itu, Hardianto menjelaskan bahwa agenda pelantikan Pj Gubernur Riau bisa saja diundur hingga satu bulan kedepan. Pasalnya, saat ini kursi Gubernur Riau sedang dialihkan kepada SF Hariyanto sebagai Plh Gubernur Riau. 

"Jabatan Plh itu biasanya sampai sebulanan. Jadi mungkin saja besok Pj Gubernur Riau bisa dilantik atau bisa juga diundur sampai bulan depan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Tapem Pemprov Riau John Pinem ketika dikonfirmasi apakah benar Pj Gubernur Riau akan dilantik hari ini, belum memberikan jawaban.