Rusak Berat, 3 Ruas Jalan di Pekanbaru Jadi Prioritas Perbaikan Awal Tahun Ini

Jalan-Taman-Karya-rusak.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kondisi sejumlah jalan rusak di Kota Pekanbaru menjadi perhatian karena mengalami kerusakan berat. Proses perbaikannya pun menjadi prioritas pada awal tahun 2024 ini.

Ruas jalan tersebut di antaranya Jalan Taman Karya, Jalan Bangau Sakti dan Jalan Dharma Bakti. Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun meninjau langsung ruas jalan rusak tersebut.

Muflihun melihat kondisi terkini ruas jalan yang kondisinya rusak beberapa tahun ini bersama Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru, Edward Riansyah dan Kepala Diskominfo Kota Pekanbaru, Raja Hendra Saputra.

Kondisi ketiga ruas jalan tersebut hampir sama. Terdapat lubang besar di bagian badan jalan yang bisa membahayakan pengendara. Padahal ruas jalan tersebut menjadi akses lalu lintas warga setiap harinya.

Kondisi Jalan Bangau Sakti, Pekanbaru, yang rusak parah. (LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)


Seperti di Jalan Bangau Sakti yang tergenang air akibat drainase tidak berfungsi dengan baik. Pengendara terpaksa harus melintas di tepi jalan dengan hati-hati. 

Muflihun mengatakan rencananya ketiga ruas jalan itu diperbaiki secara overlay atau pelapisan aspal. Anggaran perbaikan jalan ini sudah dianggarkan untuk tahun ini dalam APBD 2024.

Ia menyebut untuk di Jalan Bangau Sakti tidak cuma overlay jalan tapi perbaikan drainase. "Ada dua tahap, pertama ini sudah dilelang, yaitu drainasenya, Maret sudah bisa dikerjakan," katanya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, setelah drainase baru dilakukan overlay secara bertahap. Panjang ruas jalan yang dilakukan overlay di Jalan Bangau Sakti panjangnya berkisar 2,7 kilometer.

Dirinya juga memantau Jalan Sigunggung, Jalan Belimbing dan Jalan Teratai. Ia juga meninjau kondisi Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah di lokasi tersebut.